Tips Mencuci Topi Dari Bahan Rajutan, Anyaman Bambu, Kain, Bludru, Suede, Wool


Tips Mencuci Topi – Hallo sobat sekalian, siapa diantara Anda yang hobi memakai topi? Bagi wanita, topi adalah salah satu aksesoris yang sering dipakai untuk mempercantik penampilan. Begitu juga bagi pria, topi biasanya dikenakan untuk menambah gaya dan membuat penampilan menjadi lebih percaya diri. Selain membuat penampilan semakin keren, topi juga dapat digunakan untuk melindungi kepala dari sengatan sinar matahari. Seiring perkembangan jaman, banyak bahan digunakan untuk membuat topi. Ada topi yang terbuat dari rajutan, anyaman bambu, kain, bludru, suede, maupun wool. Banyaknya jenis topi tersebut tentu memudahkan Anda dalam melakukan padu padan terhadap pakaian yang Anda kenakan, namun banyaknya jenis bahan topi membuat Anda juga harus memberikan perhatian khusus untuk merawat koleksi topi Anda. Salah satu yang perlu Anda ketahui ialah cara membersihkan topi kesayangan Anda. Dengan mengetahui cara mencuci topi-topi Anda, maka Anda dapat tampil maksimal pada tiap kesempatan. Simak artikel tips mencuci topi dari bahan rajutan ini hingga selesai ya…

Ada banyak orang yang tidak benar-benar mengetahui cara mencuci topi dari bahan-bahan tertentu. Kesalahan dalam mencuci topi dapat berakibat topi menjadi rusak. Misalnya, warna topi menjadi pudar, serat bahan topi menjadi kasar, ataupun kerusakan-kerusakan permanen lainnya. Dengan mengetahui tips mencuci topi dari berbagai bahan ini, kami berharap koleksi topi Anda tetap terjaga kebersihannya dan dapat selalu siap dipakai kapanpun Anda inginkan. Yuk ketahui tips mencuci topi dari bahan rahutan, anyaman bambu, kain, bludru, suede, maupun wool berikut ini.

Tips Mencuci Topi Dari Bahan Rajutan, Anyaman Bambu, Kain, Bludru, Suede, Wool

Tips Mencuci Topi Rajutan – Perlu Anda ketahui bahwa bahan rajutan sangat sensitif terhadap air dan mudah mengembang ketika terkena air. Oleh karena itu tips mencuci topi dari bahan rajutan ialah jangan dicuci menggunakan air, tapi cukup di dry clean saja. Dengan melelakukan dry clean maka topi rajutan Anda akan menjadi bersih tanpa perlu terkena air. Inilah tips mencuci topi yang pertama.

Tips Mencuci Topi Anyaman Bambu – Dibandingkan topi rajutan, mencuci topi anyaman bambu terbilang lebih mudah. Anda dapat membuat campuran air dengan sabun cair. Lalu masukan topi kedalamnya dan sikat perlahan pada bagian topi anyaman bambu yang kotor. Jika sudah bersih, bilas kembali dengan air hingga cairan sabun benar-benar hilang dari topi anyaman. Hindari langsung mengoleskan sabun pada permukaan topi karena kandungan kimia pada sabun dapat merusak serat-serat bambu.



Tips Mencuci Topi Kain – Mencuci topi dari bahan kain terbilang mudah, namun Anda tidak boleh menyepelekannya karena salah mencuci dapat berakibat warna topi menjadi berubah. Walaupun sama-sama dari kain, saat mencuci sebaiknya pisahkan topi kain Anda dari pakaian-pakaian lain, terlebih yang beresiko luntur. Biasakan untuk mencuci topi kain berwarna gelap dengan air dingin dan topi kain berwarna cerah dengan air hangat untuk membantu mengangkat noda yang menempel. Gunakan air yang sudah dicampuri dengan detergen sebelum mencuci topi dari kain.

Tips Mencuci Topi Bludru – Bahan bludru sangat rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan tips mencuci topi beludru ini. Sebaiknya hindari untuk mencuci topi beludru dengan air, lebih-lebih mencelupkannya ke dalam air, karena dapat menghilangkan kelembutannya. Hindari juga penggunaan sabun karena dapat membuat bludru menjadi kasar. Cara membersihkan topi bludru yang terbaik ialah dengan menggunakan dry clean. Untuk noda membandel, Anda dapat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkannya. Hindari untuk menjemur topi bludru dibawah sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja.

Tips Mencuci Topi Suede – Walaupun topi berbahan suede ini mirip dengan topi berbahan bludru, namun sebenarnya kedua bahan ini sangat berbeda. Cara membersihkan topi dari kedua bahan inipun berbeda. Untuk mencuci topi dari suede, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus suede. Pilihlah cairan pembersih suede berkualitas baik dan jangan lupa untuk membaca aturan pemakaiannya terlebih dahulu. Silahkan baca juga Cara Membersihkan Bahan Suede Dari Noda, Debu, & Kotoran.

Tips Mencuci Topi Wool – Saat ini banyak dijumpai topi dari berbagai bahan. Salah satunya ialah bahan wool. Biasanya bahan wool ini berasal dari bulu binatang, seperti domba maupun kambing. Walaupun terlihat sulit untuk dibersihkan, namun sebenarnya topi berbahan wool cukup mudah untuk dibersihkan. Anda dapat menggunakan sikat khusus wool dan cairan khusus pembersih wool untuk menjaga topi wool Anda tetap bersih dan terawat.

Tips Mencuci Topi Beraksesoris – Topi beraksesoris biasanya bisa terbuat dari macam-macam bahan, misalnya dari rajutan, anyaman, kain, suede, bludru, maupun dari bahan wool. Jika membersihkan topi dari masing-masing bahan tersebut saja sudah terbilang sulit, maka membersihkan topi yang memiliki aksesoris berarti akan lebih sulit. Pernak-pernik yang menempel pada topi bisa terbuat dari plastik, pita, maupun plat seperti pin.

Untuk topi beraksesoris dengan bahan topi yang terbuat dari kain, tips mencuci topi yang dapat Anda lakukan ialah dengan menyiapkan air hangat yang sudah dicampur dengan detergen. Masukan topi ke dalamnya, lalu gosok perlahan dengan sikat lembut pada bagian yang kotor, misalnya pada bagian lipatan aksesoris. Jika sudah bersih, bilaslah dengan air hingga benar-benar bebas dari sabun. Untuk metode pengeringan, Anda dapat menggunakan hair dryer, kipas angin, ataupun diangin-anginkan sesuai dengan bahan topi.

Nah, biasanya setelah dicuci dengan air, bagian lem pada aksesoris akan menjadi mudah lepas. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengelem kembali, ataupun menjahit aksesoris agar tidak terlepas dari topi kesayangan Anda. Demikianlah ulasan lengkap cara mencuci topi koleksi Anda agar bersih dan terawat. Semoga artikel ini membantu. Terimakasih.