Tips Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci


Tips Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci – Pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang Cara Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci. Nah, setelah mengetahui cara mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan benar, kini saatnya kita juga mengatahui tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci agar hasil cucian yang didapatkan semakin bersih namun pakaian serta mesin cuci dirumah tetap awet. Saat ini mesin cuci hadir dengan berbagai fitur kecanggihannya. Mulai dari pengaturan air panas dan dingin, pengaturan kecepatan cucian, pengaturan siklus saat mencuci. Oleh karena itu tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang pertama adalah dengan memperhatikan petunjuk perawatan pada label pakaian. Mau tau tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang lain? Simak terus artikel ini!

Untuk menjaga pakaian tetap bersih dan awet, berusahalah untuk selalu mencuci pakaian yang telah Anda pakai sesegera mungkin. Hal ini untuk membuat daki dan kotoran tidak melekat lebih erat pada serat baju. Terlebih lagi untuk pakaian yang terkena noda, segeralah untuk mencuci noda pakaian tersebut sebelum noda mengering. Sesuaikan pengaturan mesin cuci dengan petunjuk label yang tertera pada pakaian.

TIPS MENCUCI PAKAIAN MENGGUNAKAN MESIN CUCI

Tips mencuci pakaian memakai mesin cuci selanjutnya, biasakan untuk tidak mencapur pakaian saat dicuci. Pisahkan pakaian berdasarkan warna, suhu, maupun jenis kain agar pakaian Anda tidak rusak. Untuk pakaian yang beru Anda beli khususnya yang berwarna, sebaiknya saat dicuci pertama kali pisahkan dari pakaian yang lain untuk mencegah pakaian lain terkena lunturan warna. Pakaian kesayangan Anda sudah terkena noda luntur? Segera baca artikel Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Berwarna untuk mengetahui solusinya.

Biasanya pada petunjuk perawatan dilabel pakaian terdapat keterangan suhu. Suhu tersebut umumnya merupakan suhu maksimal dimana Anda boleh mencucinya. Untuk menjaga pakaian tetap awet berusahalah untuk selalu mencuci pakaian tersebut tidak lebih dari suhu yang tertera pada pakaian tersebut. Sesekali cobalah untuk mencuci pakaian tersebut dibawah suhu yang tertera untuk menghemat energi.



Jika ada anggota keluarga yang sakit, Anda dapat mencuci pakaiannya dengan suhu maksimal yang tertera pada lebel pakaiannya. Sebaiknya cuci secara terpisah pakaian tersebut. Tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci pada poin ini sangat membantu untuk membunuh kuman dan virus sehingga mencegah terjadinya penularan penyakit tersebut.

Tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang selanjutnya ialah biasakan untuk memisahkan pakaian yang kotor atau terkena noda dari pakaian yang lainnya. Cucilah pakaian tersebut pada suhu tertinggi sesuai yang tertera pada label petunjuk perawatan pada pakaian tersebut. Gunakan deterjen sesuai jenis noda dan tingkat kekotorannya.

Pakaian berwarna gelap biasanya dicuci dengan suhu rendah. Dengan menggunakan suhu rendah Anda akan dapat menghemat energi listrik lebih banyak. Namun yang perlu Anda cermati adalah biasakan untuk memisahkan pakaian berwarna gelap dengan pakaian berwarna terang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya kelunturan warna pakaian.

Tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci berikutnya, biasakan untuk memperhatikan jenis bahan suatu pakaian. Perhatikan pula tingkat kekotorannya. Misalnya, untuk kain sutra, kain wol, maupun kain sintetis yang halus dengan keadaan tidak terlalu kotor, Anda dapat mencucinya dengan suhu 30 derajat Celcius untuk membuat pakain tersebut tetap awet. Salah memilih siklus pencucian dapat membuat bahan menjadi rusak dan tidak awet.

Setelah selesai mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, sebaiknya jangan biarkan pakaian diam lebih lama berada pada mesin pencuci. Mengapa demikian? Dengan kondisi pakaian yang masih setengah basah dan lembab, bakteri dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu biasakan untuk langsung melanjutkan menjemurnya.

Demikianlah ulasan mengenai tips mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Semoga tips ini menambah pengetahuan Anda sehingga Anda dapat lebih menghemat energi listrik, menghemat deterjen, pakaian yang Anda cuci tidak cepat rusak, serta mesin cuci dirumah Anda dapat lebih awet dan tahan lama. Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan benar, baca artikel Cara Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci. Terimakasih.