Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Penuh Oli, Kotoran, Dan Debu


Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor – Pada sepeda motor, setiap bagian merupakan elemen yang penting dengan fungsinya masing-masing. Sama halnya dengan rantai motor, yang dikaitkan dari gear mesin ke gear roda, sehingga akhirnya roda dapat berputar karena kekuatan mesin dihubungkan oleh rantai motor ke gear roda. Letaknya yang berada didaerah bawah motor dan dekat dengan roda membuat rantai motor cepat menjadi kotor. Nah, masalah akan muncul jika Anda kurang memperhatikan perawatan terhadap rantai motor ini. Misalnya akselerasi motor menjadi tidak lancar, timbul bunyi dari rantai saat motor dikendarai, bahkan dapat pula rantai terlepas dari gear sehingga membahayakan pengendara. Nah, oleh karena itu kali ini kami akan memberikan Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor agar motor Anda benar-benar selalu dalam keadaan yang prima. Simak terus artikel Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor ini ya.

Sebelum masuk pada ulasan cara tips membersihkan rantai motor yang kotor, kami akan sedikit mengulas beberapa penyebab kenapa rantai motor bisa kotor. Sekali melihat saja, kami yakin Anda sudah mengetahui kenapa rantai motor cepat menjadi kotor. Ya, posisi rantai yang berada didaerah bawah motor dan letaknya yang dekat dengan roda sangat memungkinkan rantai selalu terkena debu dan kotoran.

Kondisi rantai yang diberi oli (motor oil) atau gemuk membuat kotoran seperti debu, pasir, tanah, maupun lumpur dengan mudah melekat pada rantai motor. Terkadang kita juga seringkali ceroboh dengan terlalu banyak melumasi rantai motor dengan oli sehingga rantai menjadi penuh oli dan sangat mudah membuat kotoran menjadi menempel. Oke, langsung saja simak Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Penuh Oli Dan Kotoran Maupun Debu berikut ini.

TIPS MEMBERSIHKAN RANTAI MOTOR YANG KOTOR PENUH OLI, KOTORAN, DAN DEBU

Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Dengan Mudah Yang Pertama – Buka tutup rantai dan tutup gear. Agar membersihkan rantai motor menjadi lebih mudah, ada baiknya Anda melepas tutup rantai dan tutup gear sebelum mulai membersihkannya. Dengan melepas benda-benda yang menutupi rantai, Anda tentu akan lebih leluasa membersihkan rantai motor, dan hasilnya pun akan lebih maksimal.



Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Dengan Mudah Yang Kedua – Cuci Rantai. Setelah semua tutup dilepaskan, sekarang saatnya untuk mencuci rantai motor Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan misalnya dengan mencuci rantai menggunakan air dan sabun, lalu ada pula yang mencucinya dengan bensin, bahkan hingga merendam rantai motor dalam bensin. Semua baik. Yang penting hilangkan sebanyak mungkin debu maupun kotoran yang menepel pada rantai ditahap ini. Bila perlu, gunakan pula kuas ataupun sikat gigi bekas untuk membantu membersihkan rantai.

Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor Dengan Mudah Yang Ketiga – Pelumas. Nah, setelah rantai motor Anda bersih dari oli, lumpur, tanah, pasir, maupun kotoran lain, dan tentunya kondisi rantai sudah kering, kini saatnya Anda kembali melumasi rantai motor Anda dengan pelumas rantai khusus rantai motor atau chainlube. Adapula yang mengatakan bahwa “gemuk” lebih efektif dan awet untuk melumasi rantai motor. Proses membersihkan rantai motor sudah selesai.

PERHATIAN :

  • Banyak orang membersihkan rantai motornya hanya dengan melumurinya kembali menggunakan cairan chainlube. Langsung melumasi rantai motor tanpa membersihkannya terlebih dahulu dari debu, tanah, pasir, oli, dan kotoran lainnya tentu kurang optimal. Jadi pastikan Anda membersihkan rantai motor terlebih dahulu, baru kemudian melumasinya kembali.
  • Jika motor Anda termasuk motor yang rantai motornya tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun, mungkin Anda perlu merendam rantai motor Anda didalam cairan WD-40 agar kotoran, kerak, dan karat yang menempel pada rantai dapat terlepas.
  • Setelah membersihkan rantai motor, apalagi dengan cara melepas rantai motor, jangan lupa untuk memasang semua bagian dan baut-baut seperti semula. Pastikan posisi rantai tetap lusus dan sebelum motor dipakai kembali Anda sudah menyetel rantai motor tersebut.

Demikianlah ulasan Cara Tips Membersihkan Rantai Motor Yang Kotor, baik oleh oli, debu, tanah, pasir, lumpur, maupun kotoran lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini akselerasi motor Anda semakin meningkat. Terimakasih. Baca artikel kami mengenai Cara Membersihkan Sepeda Motor, baik Cara Membersihkan Karburator, Cara Membersihkan Busi, Cara Membersihkan Velg, Cara Membersihkan Blok Mesin, maupun Cara Mencuci Motor Yang Benar Dan Tepat.