Tips Membersihkan Mobil Dari Debu Menggunakan Kemoceng


Tips Membersihkan Debu Pada Mobil – Musim kemarau sebentar lagi tiba. Bagi para pemilik mobil, bersiaplah untuk rajin-rajin membersihkan mobil Anda dari debu dan kotoran. Pada musim kemarau, debu tidak hanya ada dijalanan. Mobil yang diparkir di garasi rumah juga dapat dipenuhi debu. Jika biarkan terus, debu akan menumpuk dan menimbulkan kerak baik pada cat bodi mobil maupun pada kaca mobil dan akan semakin sulit dibersihkan. Partikel-partikel pada debu berpotensi membuat warna cat mobil menjadi pudar. Cara membersihkan mobil dari debu terbilang sangat mudah, namun juga tidak boleh sembarangan. Cara membersihkan debu pada mobil dengan tidak tepat dapat membuat timbulnya goresan-goresan halus atau baret tipis pada cat mobil Anda. Dan jika Anda melakukannya secara terus menerus, tentu goresan-goresan tersebut akan semakin terlihat dan biasanya lama-kelamaan goresan akan terlihat seperti sarang laba-laba. Tidak mau hal seperti ini terjadi pada mobil kesayangan Anda? Yuk ketahui tips membersihkan mobil dari debu dengan tepat dan benar berikut ini.

Untuk membersihkan mobil dari debu, sebenarnya ada cara mudah dan efektif, yaitu menggunakan kemoceng. Dengan kemoceng, Anda dapat menghilangkan debu yang menempel pada mobil dengan mudah. Cara membersihkan mobil dari debu menggunakan kemoceng terbilang sangat praktis karena disini Anda tidak memerlukan kain lap, air, maupun deterjen. Berbeda dengan mencuci mobil yang membutuhkan banyak tenaga, membersihkan debu dari mobil dengan kemoceng terbilang sangat ringan dan mudah dikerjakan. Namun Anda perlu selektif dalam memilih kemoceng. Tidak semua kemoceng baik dan cocok digunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada mobil Anda. Inilah ulasan utama dari aritkel Tips Membersihkan Mobil Dari Debu Menggunakan Kemoceng ini.

TIPS MEMBERSIHKAN MOBIL DARI DEBU MENGGUNAKAN KEMOCENG – CARA MEMILIH KEMOCENG YANG TEPAT

Di pasaran kita dapat dengan mudah menemui penjual kemoceng, baik yang dibawa keliling kampung, yang dijual di pasar, di kios, di toko, maupun di supermarket. Di daerah, kemoceng seringkali dikenal dengan istilah sulak. Untuk dapat mengetahui kemoceng atau sulak mana yang cocok digunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada mobil, terlebih dahulu ada baiknya kita mengenal lebih dalam tetang kemoceng dan bahan-bahan apasaja yang biasa digunakan untuk membuat kemoceng tersebut. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat kemoceng antara lain wool, potongan kain mikrofiber, potongan kain biasa, rumbai-rumbai tali rafia, dan yang paling umum ialah kemoceng dari bulu ayam atau unggas lainnya.

Dimulai dari kemoceng yang paling baik digunakan untuk menghilangkan debu pada mobil Anda, ialah kemoceng yang terbuat dari bahan wool. Kemoceng dari bahan wool biasanya dibuat menggunakan bulu domba asli. Namun kekuatannya terbatas untuk membersihkan debu ringan yang tidak terlalu melekat pada permukaan mobil. Kemoceng dari bahan wool ini sangat halus, sehingga sangat rendah resiko menimbulkan goresan ataupun baret pada mobil. Sulak dari bahan wool ini juga cocok digunakan untuk membersihkan interior mobil. Namun sayangnya kemoceng jenis ini masih sulit ditemui dipasaran apalagi di daerah pedesaan.



Di daerah pedesaan, kemoceng ada beberapa jenis kemoceng yang biasa dijumpai. Diantaranya ialah kemoceng yang terbuat dari bahan rumbai tali rafia, kemoceng dari bahan bulu ayam, dan kemoceng dari kain biasa. Inilah yang menjadi masalah, karena justru kemoceng yang biasa ditemui ialah kemoceng yang TIDAK DIREKOMENDASIKAN untuk membersihkan debu di mobil Anda. Kenapa kemoceng-kemoceng tersebut tidak kami rekomendasikan untuk membersihkan debu di permukaan mobil Anda? Penjelasannya adalah seperti ini. Bahan tali rafia memiliki tekstur serat yang sangat kasar yang dapat menimbulkan goresan dan baret halus pada mobil Anda.

Lalu bagaimana dengan kemoceng dari bulu ayam dan kain biasa? Menurut kami tidak berbeda jauh. Pada bulu ayam, terdapat batang bulu ayam yang kaku, batang atau tulang bulu ini sangat berpotensi menimbulkan goresan pada bodi mobil. Begitu juga dengan kemoceng dari bahan kain biasa. Kain bekas dengan tekstur kasar tentu beresiko menimbulkan baret. Selain karena ketiga bahan tersebut dapat merusak permukaan mobil, daya serap terhadap debu dan kotoran juga sangat minim sehingga tidak efektif untuk memberihkan debu pada mobil Anda. Itulah alasan kenapa kami TIDAK MEREKOMENDASIKAN penggunaan ketiga kemoceng tersebut.

Dan yang terakhir mengenai cara memilih kemoceng yang tepat di artikel Tips Membersihkan Mobil Dari Debu Menggunakan Kemoceng, inilah dia kemoceng terbaik menurut kami untuk digunakan membersihkan debu pada permukaan mobil. Kemoceng tersebut ialah kemoceng yang terbuat dari bahan kain mikrofiber. Kemoceng mikrofiber baik digunakan untuk membersihkan segala debu, mulai dari debu tipis hingga debu yang tebal. Kain mikrofiber sangat efektif digunakan untuk menganggak noda, kotoran, maupun debu-debu di mobil Anda. Efektif menghilangkan debu dan tidak menimbulkan goresan. Kemoceng jenis ini juga sangat mudah dibersihkan, yaitu jika dicuci kotoran akan cepat hilang dan mikrofiber cepat kering.

TIPS MEMBERSIHKAN MOBIL DARI DEBU MENGGUNAKAN KEMOCENG

Tips membersihkan mobil dari debu menggunakan kemoceng yang pertama ialah sebaiknya saat membersihkan debu, jangan tekan kemoceng terlalu keras. Cukup gunakan gerakan menyeka saja pada permukaan mobil. Gerakan menyeka dengan tidak terlalu mengambang justru efektif untuk membersihkan debu-debu yang menempel.

Tips membersihkan mobil dari debu menggunakan kemoceng yang kedua ialah sebaiknya berhati-hati saat membersihkan mobil dengan kemoceng. Pegangan kemoceng seringkali membentur permukaan mobil dan menimbulkan goresan kecil. Jadi, perhatikanlah posisi kemoceng dan juga atur gerakan Anda agar tidak membentur bodi mobil.

Tips membersihkan mobil dari debu menggunakan kemoceng yang ketiga ialah sebaiknya gunakan gerakan satu arah saat menyeka debu yang menempel pada mobil (misalnya menggunakan gerakan dari atas ke bawah). Gerakan seperti ini efektif membersihkan debu, selain debu tidak beterbangan, resiko terjadinya goresan dan baret dapat diminimalkan.

Demikianlah ulasan lengkap tips membersihkan debu dari mobil menggunakan kemoceng dengan benar dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam merawat mobil. Sehingga walaupun musim kemarau tiba, mobil Anda dapat tetap tampil bersih dan terbebas dari debu. Ingin menghilangkan goresan pada bodi mobil Anda? Baca Cara Menghilangkan Goresan Pada Cat Mobil Dengan Cepat. Atau ingin melepas stiker pada mobil hasil kerjaan tangan jahil? Baca Cara Melepas Stiker Pada Kaca Mobil Dan Bodi Mobil.