Tips Memandikan Kucing Sendiri Di Rumah Dengan Mudah


Tips Memandikan Kucing – Tips Membersihkan Bulu Kucing – Dibeberapa postingan yang lain, kami telah membahas Cara Memandikan Kucing Bulu Pendek Dengan Benar Di Rumah dan Tips Memandikan Kucing Berbulu Panjang Persia Dan Angora. Nah pada kesempatan kali ini kami ingin mengupas lebih detail mengenai cara-cara memandikan kucing sendiri di rumah. Memandikan kucing memang menjadi kegiatan yang menantang. Terlebih lagi jika kucing kesayangan Anda baru pertama kali dimandikan. Jika Anda berusaha memandikan kucing kesayangan Anda diwaktu yang tidak tepat, maka kucing dapat menjadi panik, melompat dari wadah tempat mencuci, bahkan mungkin dapat mencakar Anda. Cara memandikan kucing yang kurang tepat juga dapat membuat air sabun atau shampo masuk ke dalam telinga, mata, ataupun hidung kucing. Tidak ingin hal-hal tersebut terjadi? Yuk simak Tips Memandikan Kucing Sendiri Di Rumah Dengan Mudah berikut ini.

Memandikan kucing terlihat mudah namun tanpa Tips memandikan Kucing berikut ini, kami yakin Anda akan menemui kesulitan. Oleh karena itu langsung saja simak Tips Memandikan Kucin Sendiri Di Rumah Dengan Mudah.

TIPS MEMANDIKAN KUCING SENDIRI DI RUMAH DENGAN MUDAH

Tips Memandikan Kucing – Membiasakan memandikan kucing sejak kucing masih kecil membuat kucing merasa terbiasa dan nyaman saat dimandikan. Jadi berusahalah untuk memandikan kucing semenjak kucing masih kecil. Tapi pastikan Anda tidak memandikan kucing yang belum genap berumur 2 bulan. Usia minimal kucing paling tidak 2 bulan sebelum dimandikan secara penuh.

Tips Memandikan Kucing – Sebelum memandikan kucing, ada baiknya Anda menggunting kuku kucing terlebih dahulu. Selain membuat kuku dan jari kucing terlihat lebih rapi, menggunting kuku kucing sebelum memandikannya dapat mencegah Anda terkena cakarnya apabila ternyata kucing memberontak saat dimandikan. Khususnya saat dimandikan pertama kali.



Tips Memandikan Kucing – Memotong kuku mungkin dapat membuat kucing menjadi panik dan takut. Jika itu terjadi pada kucing Anda, sebaiknya Anda menunda waktu memandikannya, misalnya diundur untuk memandikan kucing dihari berikutnya.

Tips Memandikan Kucing – Khusus untuk kucing yang berbulu panjang, biasakan untuk menyisir bulu kucing secara rutin agar tidak kusut. Terlebih saat hendak memandikannya. Pastikan tidak ada bulu kucing yang kusut sebelum Anda menyiram tubuh kucing dengan air karena air akan membuat bulu kucing yang kusut semakin kusut.

Tips Memandikan Kucing – Sebelum memandikan kucing, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang sedikit tertutup baik pada leher, lengan, maupun tangan. Jika memungkinkan gunakan pakaian yang agak tebal. Hal ini untuk menghidari cakaran kucing jika ternyata kucing Anda panik dan menyerang saat sedang dimandikan. Jika kucing Anda gemar menggigit, Anda dapat pula menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari gigitan kucing.

Tips Memandikan Kucing – Pastikan Anda menggunakan sabun atau sampo khusus untuk kucing. Biasanya Anda dapat menemukan produk tersebut pada pet shop. Jangan sembarangan memakai sabun dan sampo umum, ataupun sabun dan sampo khusus anjing, karena mungkin memiliki formula berbeda yang dapat membuat kulit kucing Anda menjadi iritasi.

Tips Memandikan Kucing – Sebisa mungkin buatlah suasana mandi bagi kucing Anda menjadi terasa menyenangkan. Salah satu caranya ialah dengan memasukan bola-bola kesukaannya kedalam wadah mandinya.

Tips Memandikan Kucing – Pilih waktu yang tepat untuk memandikan kucing Anda. Misalnya pada saat dia sedang bersantai dan pada situasi si kucing sedang tenang. Keadaan tersebut akan memudahkan Anda untuk memandikannya. Jangan mandikan kucing Anda menjelang jam makannya, karena biasanya kucing menjadi gelisah karena tau sebentar lagi adalah waktunya makan. Jangan pula memandikan kucing setelah Anda selesai bermain dengan dia. Karena pada saat tersebut kucing masih aktif dan susah diatur.

Tips Memandikan Kucing – Pilih tempat memandikan kucing yang tidak terlalu lebar dan tidak terlalu besar, namun juga jangan pilih tempat yang terlalu sempit. Menggunakan ukuran tempat yang pas akan membuat Anda lebih mudah untuk mengontrol dan mengatur kucing Anda saat sedang memandikannya.

Tips Memandikan Kucing – Jika tempat yang Anda gunakan untuk memandikan kucing memiliki dasar yang licin, seperti wastafel. Maka ada baiknya Anda menggunakan keset karet kamar mandi untuk mengalasinya agar kucing tidak terpeleset atau kesusahan berdiri saat sedang dimandikan. Pastikan keset tersebut sudah dalam keadaan bersih.

Tips Memandikan Kucing – Sebaiknya hindari untuk menyiramkan air secara terburu-buru karena dapat membuat kucing takut dan panik. Siramkan air dengan perlahan. Sebaiknya gunakan wadah yang kecil seperti cangkir, lalu tuangkan secara perlahan pada tubuh kucing. Untuk menenangkan kucing, Anda dapat pula melakukan hal ini sambil mengelus-elus kepala dan tubuhnya agar si kucing merasa aman dan nyaman.

Tips Memandikan Kucing – Jika Anda memandikan kucing Anda di wastafel, dan melihat reaksi kucing Anda tidak takut dengan aliran air dari kran air, maka Anda dapat langsung menggunakan aliran air dari kran wastafel untuk membilas busa sabun atau sampo pada tubuh kucing.

Tips Memandikan Kucing – Untuk mengeringkan tubuh kucing, Anda dapat menggunakan mesin pengering rambut atau hair dryer untuk mengeringkan tubuh kucing. Gunakan setingan panas paling rendah untuk mengeringkan tubuh kucing. Jika kucing Anda takut dengan bunyi dan panas dari mesin pengering, Anda dapat menggunakan handuk lembut untuk mengeringkan tubuh kucing Anda. Balut tubuh kucing menggunakan handuk lalu tepuk-tepuk lembut agar bulu kucing cepat kering. Jika bulu masih basah, Anda dapat mengambil handuk kering lainnya lalu gunakan untuk mengeringkan tubuh kucing.

Tips Memandikan Kucing – Mengeringkan tubuh kucing dibawah sinar matahari langsung juga baik bagi kucing. Sinar matahari dipagi hari akan memberikan rasa hangat yang membuat kucing menjadi nyaman dan tenang. Selain itu bulu kucing pun dapat cepat kering.

Demikianlah ulasa Tips Memandikan Kucing Sendiri Di Rumah Dengan Mudah. Semoga ulasan ini membantu dan bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih.