Tips Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh


Cara Mengatasi RAM Android Yang Penuh – Halo sahabat sekalian, pada kesempatan yang lalu, pada kategori elektronik, kami telah membahas tentang Cara Membersihkan Smartphone Layar Sentuh Dengan Mudah. Nah, pada kesempatan yang berbeda ini kami akan mengulas tentang Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh. Banyak teman kami, para pengguna smartphone Android yang mengeluhkan kinerja HP smartphone-nya sering menurun. Ada yang nge-lag saat digunakan untuk bermain game, ada pula yang ketika digunakan untuk mendengarkan musik lagunya terdengar patah-patah. Ternyata hal ini dikarenakan RAM Android mereka sudah penuh. Lalu Bagaimana Tips Membersihkan RAM Android Yang Penuh? Simak terus dalam artikel ini.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang Tips Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh, ada baiknya kami jelaskan dulu mengapa RAM Android bisa penuh. Mungkin banyak diantara Anda yang masih belum begitu apa itu RAM. RAM adalah tempat penyimpanan sementara. Segala aplikasi yang sedang Anda jalankan akan menggunakan space dari RAM ini. Misalnya, Anda melakukan chatting LINE sambil membuka Opera Mini. Dalam Opera Mini Anda memebuka beberapa tab browser. Selain itu Anda juga mendengarkan lagu.

TIPS CARA MEMBERSIHKAN RAM ANDROID YANG PENUH

Pada saat itu Anda mengaktifkan beberapa aplikasi sekaligus, diantaranya LINE, Opera Mini, dan Music Player. Nah pada saat yang bersamaan ketiga aplikasi itu menggunakan RAM. Hal ini mungkin tidak jadi masalah jika Anda memiliki kapastitas RAM smartphone yang besar. Tapi apa jadinya jika kapasitas RAM Anda kecil? Ya tentu kinerja masing-masing aplikasi tadi jadi kurang maksimal. Misalnya timbul gangguan seperti game yang dimainkan di aplikasi LINE menjadi nge-lag atau kadang nge-hang atau bisa juga gerakannya menjadi patah-patah. Selain bisa juga aplikasi Opera Mini menjadi nge-hang dan lagu yang diputar pada Music Player menjadi tidak lancar alias patah-patah.

Sebenarnya ada beberapa trik dan tips yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan RAM Android Anda yang penuh. Memang cara ini tidak membuat RAM Anda menjadi bertambah besar, kapasitasnya tentu ya hanya segitu-segitu saja, namun jika Anda membersihkannya paling tidak dari kapasitas yang ada, Anda dapat menggunakannya lebih maskimal lagi. Begitu maksud kami.



Baiklah, langsung saja disimak ya beberapa Tips Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh berikut ini. Semoga dapat membantu Anda sekalian. Selamat menyimak!

Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh yang pertama ialah tanyakan pada diri Anda, apakah Anda suka mendownload aplikasi-aplikasi baru untuk diinstall di smartphone? Jika iya, kebiasaan Anda ini dapat membuat RAM Android Anda terkuras apalagi jika Anda menyimpan semua aplikasi yang Anda download itu di memori internal smartphone Anda. Salah satu cara untuk mengurangi beban ini adalah dengan memindahkan tempat penyimpanan aplikasi tersebut ke memori eksternal, namun pastikan pula memori eksternal Anda masih memiliki space kapasitas yang cukup.

Bagaimana cara memindah aplikasi pada Android? Sangat mduah, cukup masuk ke dalam Setelan – Aplikasi – Kelola Aplikasi – Pilih tab Diunduh. Dalam daftar itu pilihlah aplikasi yang sudah Anda download, lalu ketuk pada aplikasinya untuk memindahkan tempat penyimpanannya yaitu dengan memilih “move to SD Card” untuk memindahkannya ke memory eksternal atau “Move to Phone” untuk memindahkannya ke memory internal.

Cara Mengatasi RAM Android Yang Penuh selanjutnya adalah dengan mematikan (kill) aplikasi Android Anda yang tidak digunakan atau malah sebenarnya tidak diperlukan. Caranya ialah dengan masuk ke Setelan – Aplikasi – Kelola Aplikasi – Pilih tab Berjalan. Nah disana akan ditampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan. Segera matikan aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak Anda perlu gunakan saat itu agar kinerja RAM dapat lebih optimal lagi.

Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh yang ketiga ialah dengan menghapus aplikasi yang teru-menerus hidup dan menghabiskan RAM Anda. Jenis aplikasi ini walaupun sudah dimatikan atau di kill, tapi biasanya akan hidup lagi secara otomatis dan memakan resource RAM Anda. Jadi, jika tidak benar-benar diperlukan, lebih baik hapus aplikasi ini dari smartphone Anda. Kecuali jika Anda memiliki kapasitas RAM yang besar.

Cara Mengatasi RAM Andoir Yang Penuh selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi RAM Manager. Banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol penggunaan resourse kapasitas pada RAM Android Anda. Baca baik-baik fitur dan kelebihan yang diberikan masing-masing aplikasi dan jangan lupa untuk melihat juga review dari teman-teman lain yang sudah menggunakan aplikasi tersebut sehingga Anda dapat benar-benar memperoleh aplikasi yang dibutuhkan.

Nah demikianlah ulasan kami mengenai Tips Cara Membersihkan RAM Android Yang Penuh. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda sekalian untuk memksimalkan kinerja RAM HP smartphone Android Anda. Dengan rajin melakukan pengelolaan aplikasi maka pada umumnya Anda pun akan memiliki kapasitas RAM yang selalu terkontrol. Sudah paham kan? Atau masih ada yang dibingungkan? Jangan tunda-tunda lagi untuk membersihkan RAM Anda agar kerja smartphone Anda semakin kencang!