Cara Merawat Dan Membersihkan Lantai Vinyl Agar Awet


Cara Merawat VinylCara Membersihkan Vinyl – Lantai vinyl hampir serupa dengan lantai kayu. Namun ada sedikit persamaan dalam cara membersihkan dan merawatnya. Sudah baca tentang cara membersihkan lantai kayu? Saat membersihkan lantai kayu, kita tidak diperbolehkan menggunakan air terlalu banyak karena dapat membuat lantai kayu menjadi lapuk. Begitu juga cara membersihkan lantai vinyl, meskipun air tidak membuat lantai menjadi lapuk, tapi Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan air terlalu banyak saat membersihkan lantai vinyl. Ingin tahu cara membersihkan lantai vinyl yang benar? Simak terus artikel cara membersihkan lantai vinyl dan cara merawatnya ini ya.

Sebelum mengulas tentang cara membersihkan lantai vinyl dan cara merawat lantai vinyl, kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana cara memilih vinyl yang berkualitas. Dipasaran Anda dapat menjumpai beraneka macam jenis vinyl. Nah jika Anda ingin memasang lantai vinyl baru di rumah, tentu Anda haru mengetahui cara mengecek vinyl yang berkualitas bukan? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Misalnya dengan menekuk atau melipat vinyl hingga kedua ujungnya saling bertemu satu sama lain. Lalu tekan keras pada lekukan tersebut. Periksa baik-baik, vinyl yang berkualitas dapat kembali ke bentuk semulanya tanpa ada bagian yang pecah atau terkelupas.

Cara Membersihkan Lantai VinylSudah tidak sabar ingin mengetahui cara membersihkan vinyl yang benar? Tunggu dulu, karena masih ada cara lain untuk mengecek kualitas vinyl yang baik. Setelah tadi dicek dengan melipat, sekarang Anda dapat melakukan percobaan dengan membakarnya secara langsung menggunakan korek api gas selama kurang lebih 10 menit. Vinyl yang baik permukaannya tidak akan panas atau bahkan gosong setelah dibakar. Anda juga dapat mengeceknya dengan menempelkan ujung rokok yang masih menyala pada permukaan vinyl. Pastikan vinyl tetap mulus dan bekas abu dapat dibersihkan dengan sempurna.

Cara Membersihkan VinylJika sebelumnya Anda sudah mengeceknya dengan cara dibakar dan dilipat. Sekarang cobalah Anda mengecek kualitas vinyl yang akan Anda beli dengan cara menggoresnya menggunakan benda tajam. Lakukan hal ini beberapa kali, kemudian priksa vinyl tersebut. Vinyl yang baik tidak akan berbekas terhadap goresan benda tajam. Oke kini saatnya kami mengulas bagaimana cara membersihkan lantai vinyl. Simak baik-baik langkah cara membersihkan vinyl berikut ini.



CARA MEMBERSIHKAN LANTAI VINYL DENGAN BENAR AGAR AWET

Untuk memudahkan Anda membersihkan lantai vinyl, sebaiknya Anda tidak menggunakan ember biasa. Namun gunakanlah double bucket atau ember dobel, biasanya berwarna merah dan biru. Isilah ember merah dengan campuran air dan cairan obat pembersih khusus vinyl yang dapat Anda beli dipasaran. Pilih obat pembersih yang memiliki kualitas baik. Sedangkan ember biru dapat Anda isi dengan air bersih.

Untuk mengepel, gunakanlah kain mop. Celupkan kain mop ke dalam ember merah, lalu gunakan untuk mengepel lantai tanpa di peras terlebih dahulu. Jika sudah, sikat bagian yang telah dipel menggunakan stick brush agar kotoran yang melekat dapat terangkat dan terlepas. Setelah bersih, bilaslah menggunakan air bersih.

Cara Merawat Lantai VinylUntuk mengeringkan lantai vinyl, Anda dapat menggunakan floor sweeper atau floor squigi untuk menyingkirkan air hingga lantai vinyl kering. Lanjutkan lagi dengan mengepel vinyl menggunakan air bersih di ember biru. Kemudian keringkan lagi dengan cara yang sama. Lakukan dengan merata di seluruh ruangan.

CARA MERAWAT LANTAI VINYL – PERAWATAN HARIAN VINYL

Cara merawat lantai vinyl salah satunya ialah dengan menjaga kebersihannya. Perawatan harian yang dapat Anda lakukan terhadap lantai vinyl di rumah Anda antara lain ialah dengan membersihkannya menggunakan vacum cleaner yang memiliki nozzle berbulu lembut. Jika Anda ingin menyapunya, gunakan sapu nylon yang lembut atau dapat juga menggunakan loby duster. Saat menyapu lantai vinyl, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya ialah :

Bersihkan lantai vinyl dengan sapu nilon yang lembut dari kotoran-kotoran seperti potongan kertas, rambut, ataupun debu tebal. Ketika Anda menjumpai noda yang sulit dibersihkan, Anda dapat menggunakan cairan MPC dengan mnyemprotkannya tepat pada noda, lalu gunakan scot bright untuk menggosok noda hingga bersih. Jika sudah ,keringkan lantai menggunakan kain lap. Sebaiknya gunakan kain loby duster yang bersih dan kering.

Cara Merawat VinylAnda juga dapat menggunakan kain loby duster untuk membersihkan lantai vinyl. Caranya ialah dengan cara meju mendorong kotoran pada lantai vinyl. Kumpulkan kotoran-kotoran tersebut hanya pada 1 sudut ruangan saja lalu pindahkan ke pengki dan buang ke tempat sampah. Jika lantai sudah bebas dari kotoran dan debu, Anda dapat mulai untuk mengepelnya.

TIPS MEMBERSIHKAN DAN MERAWAT LANTAI VINYL DI RUMAH

Apabila Anda baru saja memasang atau mengaplikasikan lantai vinyl pada salah satu ruangan Anda, cobalah untuk tidak menginjak lantai vinyl terlebih dahulu kurang lebih dalam waktu 24 jam. Sebaiknya hindari juga untuk menggeser-geser benda-benda terutama yang berat di atas lantai vinyl untuk menghindari lantai menjadi mengkerut dan rusak permanen. Untuk memindahkan atau memasukan barang-barang berukuran besar dan berat, Anda dapat menggunakan alas papan untuk menggeser barang-barang tersebut.

Perawatan rutin yang dapat Anda lakukan ialah membersihkan vinyl dengan vacum cleaner, menyapunya, mengepelnya, dan kemudian segera mengeringkannya.

Untuk meminimalisir kotoran diatas lantai vinyl, Anda dapat meletakkan keset didepan ruangan untuk mencegah pasti, debu, dan kotoran masuk ke dalam ruangan. Untuk daerah-daerah yang sering dilalui, Anda juga dapat melapisinya dengan karpet lembut. Pilih karpet tidak licin saat diinjak di atas permukaan lantai vinyl.

Tips Merawat Lantai VinylPada beberapa kasus, karena telah lama dipakai, lantai vinyl akhirnya terkelupas. Nah untuk perawatannya, jangan bersihkan bagian yang terkelupas itu dengan cara membuangnya. Namun tempelkan dan rekatkan kembali bagian yang terkelupas dengan menggunakan lem agar lantai terlihat baru kembali.

Untuk lantai vinyl yang sudah terlalu kotor, Anda dapat membersihkannya dengan metode scrub atau general cleaning. Sedangkan untuk lantai vinyl yang sudah terlihat kusam Anda dapat mengkilapkannya kembali dengan melakukan coating. Apabila lantai vinyl terkena tumpahan cairan seperti kopi, teh, ataupun sirup, segera bersihkan kotoran tersebut sebelum kering untuk mencegah bercak maupun noda flek permanen pada permukaan lantai vinyl.

Demikianlah ulasan mengenai cara membersihkan lantai vinyl dan cara merawat lantai vinyl. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Cara membersihkan dan merawat lantai vinyl yang benar dan dilakukan secara teratur akan menghasilkan lantai vinyl yang bersih, mengkilap, terawat, dan tentunya awet. Lantai ubin di rumah Anda sering kotor? Baca cara mengepel yang benar untuk mendapatkan hasil yang baik setelah mengepel.