Cara Menghilangkan Virus Trojan Horse Dari Laptop Anda


Cara Menghilangkan Virus Trojan – Hai teman-temanku sekalian, pada postingan sebelumnya kami telah membahas tentang Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Laptop Dan Komputer Anda. Nah selain virus shortcut, masih banyak pula virus lain yang dapat mengganggu kinerja laptop dan komputer kita, satu diantaranya adalah virus trojan horse. Menurut wikipedia, virus trojan perangkat lunak yang dapat merusak sistem atau jaringan dan dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari target yang telah terinfeksi, misalnya mendapatkan password, log data, mengetahui kebiasaan target, dll. Wah bahaya kan? Untuk itu ketahui Cara Menghilangkan Virus Trojan Horse Dari Laptop Anda.

Sebelum kami masuk pada pembahasan bagaimana cara membersihkan virus trojan, simak sedikit cerita berikut ya. Begini, ada seorang dari teman kami memiliki masalah dengan komputernya. Seperti biasa setiap pagi dia menghidupkan komputer, melakukan scan virus, lalu mulai bekerja, namun hari itu ada yang aneh.

CARA MENGHILANGKAN VIRUS TROJAN HORSE DARI LAPTOP ANDA

Jadi setelah dia melakukan scan, terdeteksi bahwa ada virus dikomputernya. Namun saat itu juga komputernya menunjukan gejalan aneh, yaitu seluruh icon di desktop, beserta wallpaper yang dipasang, semuanya hilang. Ketika dia membuka windows explorer dan mengecek drive C dan D, semua data yang ada didalamnya hilang! Apakah Anda pernah mengalami gejala seperti yang teman kami alami ini? Jika iya, jangan panik dulu, ini adalah ulah dari virus trojan. Dan Anda tidak perlu khawatir data-data Anda hilang, karena sebenarnya tidak ada yang hilang, data-data Anda hanya disembunyikan (hidden) oleh virus trojan sehingga tidak kelihatan.

Tidak percaya kalau data-data Anda tidak hilang? Coba langsung cek aja, caranya mudah banget kok, cukup klik kanan drive Anda misalnya pada drive C atau D, lalu pilih “Properties”, lalu lihat pada bagian “Disk Usage”. Nah, kelihatan kan bahwa disk spacenya masih terisi seperti semula, yang menandakan data-data Anda masih tetap pada tempatnya. Nah, biasanya kita tidak mengetahi kehadiran virus trojan pada laptop atau komputer kita, karena virus ini bisa menyamarkan dirinya menyerupai file biasa sehingga kita sebagai orang awam tidak curiga.



Namun sebelum trojan merusak sistem operasi kita dan mencuri informasi berharga milik kita, ada baiknya kita segera menghilangkan virus trojan ini dari laptop kita. Simak cara menghilangkan virus trojan dari laptop dan komputer berikut ini!

Cara Menghilangkan Virus Trojan Dari Laptop Dan Komputer – Antivirus

Cara paling mudah untuk menghilangkan virus trojan dari laptop kesayangan Anda adalah dengan menginstall antivirus yang handal untuk “menangkap” virus perusak ini. Selain menginstall antivirus, Anda juga harus langsung mengupdatenya dengan versi terbaru, sehingga antivirus ini dapat bekerja lebih efektif untuk menghilangkan virus pada komputer Anda.

Cara Menghapus Virus Trojan Dari Laptop, Komputer, Dan Flashdisk – Task Manager

Selain menginstall antivirus, Anda dapat juga melakukan penyelidikan. Misalnya dengan membuka task manager dengan menekan tombol “CTRL + ALT + DEL” secara bersamaan. Setelah jendela task manager muncul, coba periksa berapa pemakaian memory dan prosesor. Jika Anda melakukan aktivitas yang wajar, namun terlihat bahwa penggunaan memori dan prosesor terkuras habis berarti ada yang tidak beres dan mungkin itu ulah virus trojan. Cari program yang mencurigakan itu pada tab “Processes” lalu bukan bagian dari file sistem dan Anda tidak merasa pernah menginstallnya, segera hapus saja melalui control panel.

Cara Membersihkan Virus Trojan Dari Laptop Dan Flashdisk – Format Drive

Jika semua usaha Anda untuk menghilangkan virus trojan dari laptop, komputer, maupun flashdisk Anda tidak berhasil, masih ada satu cara lagi yang dijamin ampuh untuk menghilangkan trojan dari laptop Anda. Apa itu? Ya tinggal format saja drive yang terkena virus. Misal yang terkena virus drive D, ya format saja drive D. Misal flashdisk Anda yang kena virus trojan, ya format saja flashdisk Anda.

Mudah kan? Bagaimana jika yang terkena virus itu drive C atau drive dimana Anda menginstall sistem operasi? Ya tinggal install ulang laptop Anda. Namun cara tersebut akan membuat data-data Anda hilang. Jadi sebelum terkena virus, sebaiknya Anda rajin melakukan backup data, sehingga Anda tidak perlu repot-repot jika sewaktu-waktu harus install ulang sistem operasi.

Nah, itulah beberapa Cara Menghilangkan Virus Trojan Horse Dari Laptop Anda. Semoga ulasan diatas dapat menginspirasi Anda sekalian dan dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Kasus yang paling banyak ditemui adalah banyak dari kita yang malas menginstall antivirus dan rutin mengupdatenya, sehingga sistem kita rawan diserang virus. Nah, sudahkah Anda menginstall antivirus untuk keamanan laptop dan komputer Anda?