Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Mudah


Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor – Knalpot adalah salah satu bagian pada kendaraan yang berhubungan dengan pembuangan akhir gas hasil pembakaran. Karena bertugas sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran, tentu knalpot seringkali berada pada kondisi yang sangat panas. Nah meskipun perannya cukup vital, bagian knalpot ini rentan terhadap karat dan pengeroposan. Karat yang dibiarkan menempel baik pada leher knalpot maupun pada pipa knalpot lama-kelamaan akan menimbulkan keropos pada dinding knalpot. Jika sudah keropos, akhirnya akan mudah timbul lubang pada dinding knalpot. Nah jika sudah sudah terjadi kebocoran pada dinding knalpot tentu aliran gas pembuangan menjadi tidak lancar dan akibatnya motor Anda menjadi kurang bertenaga. Selain itu knalpot yang berlubang juga menyebabkan bunyi knalpot menjadi berubah. Olah karena itu ada baiknya Anda mengetahui cara menghilangkan karat pada knalpot motor sebelum karat pada knalpot motor Anda menjadi semakin parah.

Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara menghilangkan karat pada knalpot motor, ada baiknya Anda mengetahui lebih dalam penyebab knalpot motor berkarat. Ada banyak sebab mengapa knalpot motor mudah berkarat, beberapa diantaranya karena Anda jarang membersihkan debu dan kotoran pada daerah knalpot motor sehingga akhirnya menumpuk dan menimbulkan kerak dan karat. Karat pada knalpot juga seringkali timbul karena Anda seringkali membiarkan air yang membasahi knalpot kering dengan sendirinya.

Knalpot yang dilapisi krom seringkali juga terkena karat, nah pada kasus ini, tidak mungkin karat dihilangkan dengan amplas karena lapisan krom (chrom) dapat ikut teramplas. Nah kalau begitu banyak tips dan trik seputar cara menghilangkan karat pada knalpot motor dong? Tenang saja, pada artikel Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor ini kami akan mengupas semuanya dengan jelas. Yuk simak bersama cara menghilangkan karat pada motor dengan mudah!

CARA MENGHILANGKAN KARAT PADA MOTOR DENGAN MUDAH

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Menggunakan Oli Bekas. Ini adalah cara menghilangkan karat motor yang menurut kami paling mudah. Oli bekas sangat mudah dijumpai dan harganya juga murah. Oli dapat menahan suhu panas yang diakibatkan proses pembakaran mesin sehingga knalpot Anda bisa tetap adem. Caranya cukup masukan saja oli bekas secukupnya pada lubang knalpot Anda. Ketika suhu knalpot naik, akan timbul asap dari lubang knalpot, hal ini wajar dan akan kembali normal setelah beberapa waktu.



Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Pada Bagian Luar. Masih menggunakan oli bekas, Anda dapat mengoleskannya secara merata pada bagian knalpot motor yang sudah mulai terlihat berkarat. Misalnya pada bagian leher knalpot motor ataupun pada pipa knalpot. Hidupkan motor lalu biarkan beberapa menit hingga temperatur knalpot menjadi panas. Oli yang sudah dioleskan pada knalpot akan bereaksi dan memlelehkan karat yang menempel pada knalpot.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Menggunakan Stempet. Ini adalah alternatif utama yang sering dipilih orang-orang didaerah kami. Stempet sering pula dikenal dengan istilah vaselin. Cara menggunakannya hampir mirip dengano oli bekas. Panaskan motor, lalu ketika suhu knalpot sudah meningkat, oleskan stempet pada bagian knalpot yang berkarat. Biasanya karat yang membandel pada bagian leher knalpot dengan mudah akan menghilang.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Dengan Peratmax Plus. Bagi kami, cara ini terbilang cukup mahal dan lebih merepotkan. Cara menghilangkan karat pada knalpot menggunakan pertamax plus yaitu campurkan pertamax plus dengan minyak solar, gunakan perbandingan 1:2. Oleskan pada bagian knalpot yang berkarat. Ambil sikat gigi bekas, lalu sikatlah daerah tadi. Pertamax plus dikenal dapat membuat leher knaplpot yang berkarat dapat menjadi mengkilap dan bersih kembali.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Menggunakan Porstex. Cara ini juga terbilang cukup mudah. Jika tidak ada porstex, Anda dapat menggunakan produk pembersih keramik sejenis yang dapat dibeli dipasaran. Cara mudah menghilangkan karat knalpot menggunakan porstex ialah dengan menuangkan secukupnya cairan pembersih keramik tersebut dalam sebuah wadah. Lalu oleskan secara merata pada bagian knalpot yang mulai berkarat. Diamkan sejenak. Ambil sikat gigi bekas, lalu gosok perlahan hingga karat menghilang.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor Menggunakan Pasta Gigi. Cara ini cocok dilakukan khusus untuk menghilangkan karat pada knalpot yang sudah dilapisi krom. Karat memang dapat muncul dimana saja termasuk pada lapisan krom. Cara membersihkan karat pada knalpot motor yang sudah dilapisi krom menggunakan pasta gigi sangat mudah. Oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian knalpot yang berkarat. Diamkan sejenak, lalu gosoklah menggunakan kain lap hingga karat dan kotoran terangkat. Ulangi beberapa kali untuk hasil lebih bersih.

PERHATIAN :

  • Jika setelah menggunakan cara menghilangkan karat pada knalpot motor diatas masih dijumpai noda karat menempel pada knalpot, Anda dapat mengulanginya beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
  • Jika Anda memilih menggunakan porstex, berhati-hatilah saat membersihkan karat pada knalpot motor Anda. Cairan porstex atau pemberih keramik dan porselen ini dapat menimbulkan korosi jika mengenai cat mesin blok motor Anda. Mesin blok kotor? Yuk cari tau cara membersihkannya di artikel Cara Membersihkan Noda Dan Kerak Pada Blok Mesin Motor.

Demikianlah ulasan cara menghilangkan karat pada knalpot motor dengan mudah. Pilihlah salah satu cara yang menurut Anda bahan pembersihnya mudah Anda jumpai. Semoga artikel ini berguna dan yang pasti dapat membuat karat dan kotoran pada knalpot motor Anda segera kabur. Terimakasih. Karburator motor Anda kotor sehingga mesin tersendat-sendat? Yuk belajar membersihkan karburator sendiri di artikel Cara Membersihkan Karburator Motor Yang Kotor Dengan Mudah.