Cara Mencuci Rambut Palsu Dan Tips Merawat Wig


Cara Mencuci Rambut Palsu – Mau setiap hari berganti model rambut? Sekarang Anda dapat melakukannya dengan bantuan rambut palsu atau biasa disebut wig. Pada kesempatan sebelumnya, kami pernah membahas tentang cara menghilangkan efek pomade pada rambut. Nah, pada ulasan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mencuci rambut palsu dan kami beri bonus pula tips merawat rambut palsu (wig) agar awet dan tahan lama. Seiring perkembangan jaman, rambut palsu atau wig tidak hanya dipakai untuk menyamarkan kebotakan. Sekarang banyak orang, baik pria maupun wanita yang menggunakan rambut palsu untuk memudahkan mereka berganti-ganti model rambut dalam waktu yang singkat. Selain rambut palsu dan wig yang utuh, sekarang banyak pula dijual hari extension yang dapat membuat gaya tatanan rambut Anda semakin menarik. Kami yakin diantara Anda sudah banyak yang mengoleksi rambut palsu, wig, maupun hair ekstension untuk dipakai dalam beragam acara. Nah, tapi apakah Anda semua sudah paham benar mengenai bagaimana cara mencuci rambut palsu yang benar beserta tips perawatannya? Jika belum, simak artikel cara mencuci rambut palsu (wig) ini hingga tuntas ya.

CARA MENCUCI RAMBUT PALSU DENGAN BENAR AGAR TIDAK RUSAK

Tahap paling utama sebelum Anda masuk pada cara mencuci rambut palsu ini ialah pastikan sudah tidak ada bagian rambut palsu Anda yang kusut. Anda dapat menyisir dengan lembut bagian-bagian wig yang kusut (khususnya bagian dalam wig) sebelum mencelupkannya ke dalam air.

Cara Mencuci Rambut PalsuSelanjutnya, siapkan air pada wastafel atau dapat juga menggunakan sebuah baskom berukuran sedang. Lalu tuang 2 tutup botol shampo lembut ke dalamnya. Jangan sembarangan memilih produk shampo, misalnya produk shampo bayi yang terkenal lembu malah dapat membuat wig dan hair extension Anda menjadi kusam dan pudar.



Jika campuran air dan shampo telah siap, kini pegang wig pada bagian kepala, lalu celupkan perlahan-lahan ke dalam wadah berisi air tadi. Celupkan perlahan sehingga seluruh bagian wig masuk terendam air. Diamkan wig atau hair ekstension Anda selama kurang lebih 2 menit.

Setelah 2 menit, ulangi lagi cara tersebut 2-3 kali menggunakan campuran air dan shampo yang baru. Untuk perendaman yang terakhir, Anda dapat mengganti shampo dengan cairan conditioner yang dikhususkan untuk rambut palsu agar serat rambut pada wig dan hari ekstension Anda menjadi lembut kembali.

Cara Mencuci Rambut Palsu, Wig, dan Hair ExtentionUntuk proses pengeringan, jangan gunakan sisir saat rambut wig masih basah karena dapat merusak tekstur rambut bahkan dapat membuatnya rontok. Setelah cara mencuci rambut palsu selesai Anda lakukan, keringkan rambut palsu menggunakan blow dryer. Jika rambut sudah mulai mengering, Anda dapat menggunakan sisir untuk membantu menjaga rambut agar tidak kusut.

Selain menggunakan blow dryer, cara mengeringkan rambut palsu setelah dicuci yang dapat Anda lakukan ialah menggunakan kipas angin. Untuk mengeringkan 1 rambut palsu utuh menggunakan kipas angin, biasanya diperlukan waktu sekitar 3-6 jam.

Demikianlah cara mencuci rambut palsu, wig, ataupun hari ekstension milik Anda. Seperti janji kami diatas, setelah membahas cara mencuci rambut palsu, kami juga akan memberikan ulasan seputar tips merawat rambut palsu agar awet. Seperti apa tipsnya?? Yuk, mari kita simak bersama.

TIPS MERAWAT RAMBUT PALSU, WIG, DAN HAIR EKSTENSION DENGAN BENAR

Pastikan kondisi rambut palsu, wig, ataupun hair ekstension Anda tidak kusut. Gunakan sisir yang sesuai untuk masing-masing rambut palsu Anda. Misalnya, untuk wig dan hair ekstension rambut lurus, gunakan sisir satu deres bergigi rapat, lalu sisir dengan lembut dari atas pangkal rambut hingga ke bawah ujung rambut. Sedangkan untuk wig dan hair ekstension rambut keriting, gunakan sisir satu deret bergigi jarang atau Anda dapat menggunakan jari-jari Anda untuk merapikan jenis rambut keriting ini.

Lakukan penyisiran terutama saat rambut palsu hendak dicuci. Jangan sampai rambut palsu yang masih kusut terkena air, karena nantinya akan sulit dirapikan kembali. Sisir dan rapikan rambut palsu Anda saat rambut palsu hendak disimpan. Jangan menyimpan rambut palsu dalam keadaan rambut yang kusust dan kotor, apalagi dalam waktu yang lama.

Cara Merawat Rambut PalsuBanyak yang menanyakan, setiap berapa hari sekali rambut palsu harus dicuci dan dibersihkan? Jawabannya ialah tergantung dari seberapa sering Anda memakainya dan bagaimana kondisi rambut palsu Anda tersebut. Misalnya jika Anda sering menggunakan hair ekstention diluar ruangan dengan cuaca yang panas, dibawah paparan sinar matahari langsung, ataupun ditempat yang berasap dan memiliki tingkat polusi yang tinggi, sebaiknya Anda mencuci rambut palsu Anda lebih sering, 2-3 kali dalam seminggu.

Seperti apa ciri-ciri rambut palsu, wig, dan hair ekstention yang sudah perlu untuk dicuci? Cirinya ialah ketika rambut palsu Anda sudah kusam, tidak berkilau lagi, lepek, kusut, dan saat dipegang terasa lengkep. Ya, mirip-mirip dengan kondisi rambut asli yang sudah harus dikeramas. Kira-kira beigtu.

Jangan sembarangan menggunakan shampo untuk mencuci dan mengkeramasi koleksi rambut palsu, wig, maupun hair ekstension. Sebaiknya gunakan cairan shampo yang memang khusus dibuat untuk membersihkan serat rambut pada rambut palsu dan wig Anda. Keliru memilih hair ekstention dapat membuat warna rambut palsu Anda menjadi kusam dan pudar.

Cara Mencuci Rambut Palsu Dengan BenarSetelah selesai mencuci rambut palsu, wig, dan hair extension, jangan pernah memeras rambut yang masih basah itu. Memeras rambut palsu dapat merusak tekstur rambut. Lebih baik Anda menggunakan cara biasa seperti dikeringkan dengan menggunakan kipas angin. Memang waktu yang dibutuhkan lebih lama, namun kualitas rambut palsu dan wig Anda dapat tetap terjaga.

Untuk menata model rambut, hindari menggunakan hairspray, mousse, serta pewarna rambut. Anda harus benar-benar selektif saat memilih produk yang akan diaplikasikan pada wig Anda. Ingin tau cara menghilangkan hairspray dari rambut? Baca artikel cara membersihkan rambut dari hairspray.

Jauhkan rambut palsu, wig, maupun hair extension Anda dari panas berlebihan. Misalnya dari air panas mendidih, panas dari oven atau barbeque, panas dari setrika, maupun panas dari alat pencatok rambut untuk menjaga rambut palsu Anda tidak rusak atau berubah bentuk. Pencatokan umumnya masih bisa ditolerir asalkan Anda tetap memperhatikan batasan panas maksimal yang sesuai dengan kondisi wig Anda.

Tips Merawat Rambut PalsuSaat menggunakan rambut palsu, wig, atau hair ekstention, sebaiknya Anda selalu berhati-hati dan waspada. Kenali kondisi disekitar Anda, jangan sampai rambut palsu Anda tersangkut dahan pohon, furniture yang tinggi, sandaran kepala, dll yang dapat menimbulkan kerusakan permanen pada rambut palsu Anda.

Demikianlah ulasan lengkap cara mencuci rambut palsu dan tips merawat rambut palsu, wig, dan hair extention. Semoga ulasan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda sekalian, terutama untuk menjaga koleksi rambut palsu Anda tetap bersih, awet dan tahan lama. Terimakasih.