Cara Membersihkan Telinga Bayi dengan Aman dan Benar


Cara Membersihkan Telinga Bayi – Telinga bayi merupakan bagian organ tubuh bayi yang sangat sensitif, maka dari itu jika Anda ingin membersihkannya diperlukan kehati-hatian untuknya. Sebenarnya kotoran tersebut bersifat alami yang berfungsi untuk mencegah kotoran asing atau kotoran dari luar dapat  masuk ke dalam telinga bayi Anda, namun jika Anda ingin membersihkan telinga bayi Anda, Anda dapat melakukannya dengan beberapa tahapan seperti akan diulas pada artikel Cara Membersihkan Telinga Bayi Dengan Aman ini.

Saat sedang memandikan bayi adalah waktu yang tepat  untuk membersihkan telinganya dari kotoran-kotoran, karena pada saat mandi itulah badan termasuk kepala akan basah dan akan lebih mempermudah dalam membersihkan telinganya, gunakan handuk untuk membersihkan bagian luar telinga bayi Anda. Hindarilah menggunakan obat-obatan yang tidak berdasarkan atas saran dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada si kecil. Baca juga artikel Cara Membersihkan Kulit Wajah Bayi Yang Baru Lahir.

Cara Membersihkan Telinga BayiAnda juga dapat menggunakan kapas yang lembab untuk membersihkan bagian lekukan-lekukan telinga si kecil, dan jangan memaksakan untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga si kecil. Jika terdapat kotoran yang sulit dikeluarkan, coba periksakan dan konsultasikan segera ke dokter THT untuk lebih amannya.

Selain itu, kain yang sudah direndam pada air hangat juga dapat membantu untuk membersihkan telinga bayi dari sel-sel kulit mati, lakukanlah cara ini secara rutin.



CARA MEMBERSIHKAN TELINGA BAYI DENGAN AMAN DAN BENAR

Jangan mencoba untuk membuat ramuan obat sendiri, karena dapat membahayakan bayi Anda, menggunakan tetes telinga juga harus mendapatkan persetujuan dokter terlebiih dahulu untuk keamanannya, sehingga bayi Anda akan lebih terjamin keselamatannya.

Cara Membersihkan Telinga Bayi yang selanjutnya ialah selalu berhati-hatilah dalam membersihkan telinga bayi Anda, walaupun hanya telinga bagian luar, jika tergores benda kasar bias timbul iritasi kulit, karena pada dasarnya kulit bayi masih sangat sensitive terhadap benda-benda kasar yang mengenainya.

Membersihkan Telinga Bayi
Penggunaan cotton bud diperbolehkan namun hanya sebatas 1cm dalamnya, jangan memasukan lebih dari 1 cm dari telinga si kecil, karena akan ditakutkan kotoran akan terdorong masuk lebih dalam lagi atau terkena organ atau alat pendengaran si kecil. Jadi tetaplah berhati-hati saat membersihkan telinga bayi.

Demikian tadi beberapa tahapan atau cara membersihkan telinga bayi Anda, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda sekalian. Dengan membersihkan telinga si kecil, dapat memberikan dia pendengaran yang jernih dan tentunya kesehatannya dapat lebih terjaga. Terimakasih.