Cara Membersihkan Lumut Pada Tembok Dan Lantai Yang Efektif


Tips dan Cara Membersihkan LumutCara Menghilangkan LumutCara Mengatasi Lumut – Siapa yang tidak mengenal lumut? Tumbuhan yang satu ini dapat dengan mudah kita temukan di rumah kita. Lumut mudah sekali tumbuh dilingkungan yang lembab, seperti kamar mandi. Didalam kamar mandi, lumut dapat kita jumpai menempel dan tumbuh baik pada ubin keramik kamar mandi maupun pada dinding bak mandi. Lumut kerap kali juga kita jumpai tumbuh ditembok dan dinding rumah, terutama tembok dekat wastafel, dekat tempat cucian, maupun pada dinding sumur. Intinya lumut sangat senang tumbuh didaerah yang dingin, lembab, basah, dan kurang terkena sinar matahari. Selain terlihat kotor, daerah yang ditumbuhi lumut biasanya menjadi licin. Hal ini tentu berbahaya, karena Anda beresiko terpeleset saat melewati lantai, ubin, ataupun tegel dihalaman yang ditumbuhi lumut. Baik, simak artikel Cara Membersihkan Lumut Pada Tembok Dan Lantai Yang Efektif untuk mengetahui solusinya!

Beberapa orang mungkin berpikir, menghilangkan lumut dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sikat. Memang benar, tapi itu untuk kondisi dimana lumut belum terlalu parah tumbuhnya. Misal, jika Anda rutin membersihkan kamar mandi, WC, dan toilet yaitu menyikat lumutnya setiap 2-3 hari sekali, tentu Anda tidak perlu melakukan cara membersihkan lumut dibawah ini. Cara mengatasi lumut yang akan kami berikan ini efektif untuk membersihkan lumut yang sudah bertumbuh lebat, karena lingkungan tersebut jarang dibersihkan.

CARA MEMBERSIHKAN LUMUT, CARA MENGATASI LUMUT, CARA MENGHILANGKAN LUMUT – EFEKTIF, MUDAH, DAN CEPAT

Cara Membersihkan Lumut – Bata Merah – Cara membersihkan lumut menggunakan batu bata merah ialah pecah batu bata merah sehingga mudah digenggam. Gosoklah permukaan lantai plester halaman yang berlumut dengan batu bata secara merata hingga lumut tergerus oleh batu bata. Setelah sekiranya semua lumut tergerus, siramlah lantai halaman Anda dengan air untuk membilasnya.

Cara Mengatasi Lumut – Larutan Garam – Buatlah larutan garam, rebuslah 2 liter air yang sudah dicampur dengan 3 sendok makan garam dapur. Rebus hingga mendidih, lalu siramkan pada lantai jubin Anda yang berlumut maupun pada dinding kebun Anda. Kemudian sikatlah lumut hingga bersih. Lakukan beberapa kali untuk hasil lebih maksimal. Itulah cara mengatasi lumut menggunakan larutan garam.



Cara Menghilangkan Lumut – Kaporit – Siapkan kaporit. Biasanya dapat dengan mudah dibeli ditoko bangunan dalam bentuk bubuk maupun kristal kecil. Tumbuk kaporit yang masih berukuran besar hingga menjadi bubuk. Taburkan merata pada permukaan lantai maupun dinding yang berlumut. Diamkan kurang lebih 1 jam hingga timbul buih akibat reaksi kimia. Setelah itu, siram dengan air, dilanjutkan digosok menggunakan air sabun, lalu bilas kembali menggunakan air hingga bersih dan tidak licin. Itulah cara menghilangkan lumut dengan kaporit.

Cara Membersihkan Lumut – Sabun Cuci Piring – Untuk jenis lantai yang tidak tahan terhadap asam, seperti lantai kayu, keramik, marmer, maupun granit, Anda dapat menggunakan campuran air dengan sabun cuci piring. Siramkan pada permukaan dinding maupun lantai yang berlumut lalu gosok lumut hingga terkelupas. Karena Anda menggunakan air sabun, jangan lupa untuk membilasnya dengan air hingga bersih agar lantai tidak licin.

Cara Mengatasi Lumut – Pemutih Baju – Cara mengatasi lumut menggunakan pemutih pakaian ialah campurkan air dengan pemutih baju secukupnya, lalu aduk hingga rata. Siramkan pada permukaan lantai atau dinding yang berlumut. Gosok hingga semua lumut yang menempel rontok dan terlepas. Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Lumut – Cuka Putih – Nah, khusus untuk lantai kamar mandi maupun dinding kamar mandi yang berlumut, Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan lumut bandel yang menempel. Cuka putih sangat efektif untuk membersihkan kerak dan lumut pada kamar mandi. Yang perlu diperhatikan ialah pastikan Anda membilas sisa cuka putih hingga bersih karena zat asam pada cuka putih yang tertinggal dapat merusak lapisan lantai maupun dinding kamar mandi. Itulah cara menghilangkan lumut di kamar mandi menggunakan cuka putih.

Cara Membersihkan Lumut – Baking Soda – Khusus untuk lantai yang tahan terhadap zat asam, Anda dapat menggunakan cara membersihkan lumut dengan baking soda. Baking soda bersifat asam sehingga dapat merusak lantai keramik, granit, marmer, maupun lantai kayu. Cara membersihkan lumut menggunakan baking soda ialah campurkan air dengan baking soda. Lalu gunakan untuk menggosok lantai maupun dinding yang berlumut hingga bersih. Setelah itu bilas hingga bersih. Pastikan sudah tidak ada sisa-sisa baking soda, karena zat asam yang dikandung bersifat merusak.

Cara Mengatasi Lumut – Air Kapur – Cara mengatasi lumut menggunakan air kapur ialah siapkan larutan kapur yang dapat Anda buat sendiri menggunakan campuran kapur dengan air. Siramkan air kapur pada permukaan dinding maupun lantai yang ditumbuhi lumut. Diamkan semalaman, lalu pada keesokan harinya gosok permukaan yang berlumut hingga bersih. Air kapur membuat lumut menjadi lebih mudah dibersihkan.

Nah itulah tadi beberapa Tips dan Cara Membersihkan Lumut Baik Pada Lantai Di Kamar Mandi, WC, Toilet, Halaman, Kebun, Wastafel, dll Dengan Efektif, Cepat, Dan Mudah. Semoga ulasan diatas membantu teman-teman semua dalam usaha mengatasi lumut yang membandel. Terimakasih. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kerak pada dinding bak kamar mandi, maupun pada lantai kamar mandi, segeralah baca ulasan lengkapnya pada artikel Cara Membersihkan Kerak Membandel Pada Bak Kamar Mandi Di Toilet ini. Semoga masalah Anda dapat segera terselesaikan dan kamar mandipun menjadi bersih cemerlang.