Cara Membersihkan Lubang Pusar Kotor Dengan Aman


Cara Membersihkan Pusar – Pusar atau yang biasanya disebut dengan udel merupakan bekas dari tali pusar yang dipotong saat kita masih bayi. Nah tali pusar ini berfungsi sebagai penyalur makanan dari ibu kepada bayinya yang masih berada di kandungan. Bagian tubuh yang satu ini sering kali jarang kita bersihkan karena letaknya diperut, jarang terlihat, dan selalu tertutup baju. Padahal menjaga kebersihan juga tidak kalah penting dengan menjaga kebersihan tangan, kaki, maupun bagian tubuh yang lain. Pada beberapa kasus, orang malas membersihkan pusar karena merasa geli saat pusarnya bersentuhan dengan benda asing. Di lain kasus, adapula orang yang merasa mual ketika pusarnya dikorek-korek saat sedang dibersihkan. Cara membersihkan pusar yang kotor sebenarnya mudah, sederhana, serta tidak memerlukan alat yang bermacam-macam.

Bagi Anda yang menghiasi pusar dengan tindikan anting, membersihkan pusar atau udel seharunya sudah menjadi kewajiban rutin Anda. Anda harus secara rutin membersihkannya dengan kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol dan dengan hati-hati dibersihkan. Mengingat kulit pada bagian lubang pusar lebih tipis dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh yang lain, maka kita harus hati-hati dan dengan lemah lembut saat membersihkan pusar atau udel. Kali ini kami akan membahas tuntas mengenai cara membersihkan pusar atau udel yang kotor dengan aman dan tepat. Untuk memudahkan, kami akan membagi cara membersihkan pusar ke dalam 2 cara :

  1. Cara membersihkan pusar di saat sedang mandi
  2. Cara membersihkan pusar dengan baby oil

Untuk cara membersihkan pusar yang pertama, tentunya saat Anda sedang mandi, pusar Anda tidak tertutup baju. Disaat mandi juga Anda membersihkan seluruh bagian tubuh. Nah tentunya ini adalah saat yang tepat juga untuk membersihkan bagian pusar Anda. Benar kan?

Cara Membersihkan PusarUntuk cara membersihkan pusar yang kedua, yaitu cara membersihkan pusar yang kotor dengan baby oil, yaitu dapat Anda lakukan disaat Anda tidak sedang mandi, namun sengaja untuk membersihkan pusar. Kami berikan langkah cara membersihkan pusar yang aman dengan menggunakan minyak bayi yang hangat, lembut, dan aman bagi kulit pusar yang tipis dan sensitif.



CARA MEMBERSIHKAN PUSAR DISAAT SEDANG MANDI

Setelah Anda selesai mandi, gunakan gayung untuk mencampurkan air bersih dengan sabun mandi secukupnya. Ambil kain handuk yang bersih dan lembut, lalu basahi dengan air campuran sabun tadi, lalu bersihkan bagian sekitar pusar dengan menyekanya secara lembut.

Setelah bersih gunakanlah lap kering yang bersih dan lembut mengeringkan bagian pusar Anda. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan tissue atau handuk lembut.

Cara Membersihkan Pusar TindikanCara membersihkan pusar belum selesai. Ambil kapas lembut, lalu rendam ke dalam minyak yang mengandung vitamin E. Setelah kapas cukup basah, gunakan untuk menggosok bagian dalam pusar secara lembut. Gosoklah secara lembut dengan gerakan menggosok dari dalam pusar ke luar pusar agar kotoran yang ada didalam dapat ikut terbawa keluar. Ingat, jangan menggosoknya dengan kasar karena akan melukai pusar Anda.

Setelah bagian pusar tersebut bersih dan semua kotoran telah dikeluarkan, Anda dapat segera membersihkan pusar Anda dengan menggunakan kain, lap, atau handuk bersih yang lembut. Untuk menyempurnakan cara membersihkan pusar ini, Anda dapat menggunakan sedikit pelembab berbentuk lotion untuk melembabkan kulit di area pusar Anda.

CARA MEMBERSIHKAN PUSAR DENGAN BABY OIL (MINYAK BAYI)

Jika tadi sudah kami berikan cara membersihkan pusar yang kotor disaat mandi, kini akan kami ulas cara membersihkan pusar dengan baby oil. Jadi walaupun sedang tidak mandi, Anda tetap dapat membersihkan bagian pusar Anda dengan mudah dan aman. Cara membersihkan pusar dengan baby oil ialah sebagai berikut :

Baringkan tubuh Anda dengan posisi terlentang. Pada posisi seperti itu, pusar akan menghadap ke atas dan membentuk seperti kolam yang kecil. Oleskan baby oil pada sekitar pusar. Lalu teteskan pula beberapa tetes baby oil ke dalam pusar untuk melunakan kotoran yang ada didalam pusar. Pastikan Anda memilih dan membeli baby oil yang memiliki kualitas dan mutu yang baik. Diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu bersihkanlah pusar Anda dengan cara menggosokan kapas secara lembut pada bagian pusar yang sudah diberi baby oil tadi. Jika semua kotoran sudah dibersihkan, Anda dapat menyeka lubang udel atau lubang pusar Anda dengan menggunakan kain, tissue, ataupun handuk lembut yang bersih.

Cara Membersihkan PusarSelain menggunakan lap, tissue, ataupun handuk lembut, Anda juga dapat menggunakan cutton bud untuk membersihkan pusar Anda. Cara membersihkan pusar yang kotor dengan cutton bud intinya sama dengan cara diatas, yaitu basahi cutton bud dengan baby oil lalu gunakan untuk membersihkan pusar dengan gerakan dari dalam ke luar pusar. Dengan menggunakan baby oil kotoran didalam pusar akan lebih mudah diangkat dan dibersihkan.

PERHATIAN :

Kulit pusar lebih tipis dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh yang lain. Anda harus berhati-hati saat membersihkannya. Jangan digosok dengan keras. Gosok dengan perlahan saja agar kulit pada bagian pusar tidak terluka. Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan sembarang minyak untuk membersihkannya. Gunakan minyak yang memiliki kandungan lembut dan aman bagi pusar Anda.

Jika dilihat, pusar memang bagian kecil dari tubuh kita, letaknya juga tertutup dan jarang terkena terkena interaksi langsung dengan dunia luar. Namun menurut penelitian, sebenarnya ditemukan banyak bakteri di dalam pusar kita. Oleh karena itu kita wajib membersihkan pusar kita secara rutin agar kesehatan tubuh dan pusar kita tetap terjaga. Demikianlah artikel cara membersihkan pusar dengan aman dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih. Ingin membersihkan telinga dengan benar? Baca artikel cara membersihkan telinga.