Cara Membersihkan Lobster Sebelum Dimasak


Cara Membersihkan Lobster Sebelum Dimasak – Apakah Anda salah seorang yang gemar makan makanan laut atau dikenal dengan sebutan seafood? Makanan yang satu ini memang terbilang banyak yang menyukai, dan salah satu makanan yang paling digemari ialah lobster. Ya, lobster ialah salah satu jenis makanan laut dengan ukuran yang terbilang besar dan sangat lezat bila disantap. Pada kesempatan yang lalu, Jadi Bersih telah membahas seputar Cara Membersihkan Lensa Kamera Hp, dan pada kesempatan kali ini kami ingin membahas mengenai cara membersihkan lobster sebelum dimasak. Pasti bagi Anda yang menyukai makan lobster akan tertarik membaca ulasan berikut ini.

Lobster merupakan bahan makanan yang apabila dimasak nikmatnya bukan main. Namun, para ibu rumah tangga seringnya enggan memasak lobster karena belum tahu cara membersihkan lobster yang benar. Umumnya, masyarakat menggunakan air panas untuk membersihkan bahan hidangan laut ini. Padahal, cara tersebut justru malah membuat kulit lobster rusak. Harga lobster yang mahal tentu membuat banyak orang berhati-hati dalam mengolah bahan masakan yang satu ini. Lalu, bagaimana sebenarnya cara mengolah lobster yang benar dan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan dalam mengolah hewan laut ini? Berikut akan diulas lengkap terkait cara mengolah lobster yang benar sebelum proses memasak.

CARA MEMBERSIHKAN LOBSTER SEBELUM DIMASAK

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan binatang laut ini adalah dengan merendamnya di air dingin yang berisikan es batu.  Setelah itu, lobster bisa di bersihkan dengan cara digosok menggunakan sikat bulu yang lembut agar terlihat rona asli dari lobster tersebut. Memang, walaupun kulitnya tidak akan dimakan, kondisi kulit lobster sering kali mempengaruhi rasa dari dagingnya itu sendiri.

Cara membersihkan lobster selanjutnya adalah lobster bisa di lap menggunakan kain bersih untuk menghilangkan air yang tersisa pada tubuh lobster. Jika dirasa sudah bersih, lobster bisa diletakkan pada tempat pemotong atau talenan. Agar terhindar dari serangan lobster yang mungkin masih hidup, posisi bagian bawah binatang ini dibuat agar menghadap atas. Kemudian, lobster bisa mulai di potong dengan pisau ke daerah sendi yang menjadi pemisah antara kepala dan tubuh. Kegiatan ini dilakukan semata-mata hanya untuk mematikan lobster dengan cepat melalui saraf utamanya. Jika hal ini berhasil dilakukan, langkah selanjutnya adalah memutar pisau searah jarum jam untuk mulai memotong lobster dengan benar. Perlu diingat, jangan pernah memotong lobster pada arah yang berlawanan, sebab dapat menyebabkan dagingnya menjadi tidak utuh dan ekornya tidak bisa terbuka.



Selanjutnya, lobster dapat langsung dipotong bagian kaki dan juga ekor secara keseluruhan menggunakan pisau yang tajam. Dalam hal ini, Anda bisa juga memanfaatkan gunting untuk mendapatkan bagian daging yang tersisa agar tetap utuh. Namun apabila langkah-langkah pada cara membersihkan lobster tersebut dirasa cukup sulit, Anda bisa juga meminta kepada penjual lobster untuk sekalian membersihkannya.

Setelah lobster bersih dan siap untuk dimasak, Anda harus segera memasaknya selagi masih segar.  Untuk menghidangkan makanan mewah ini memang diperlukan sebuah keterampilan khusus agar daging lobster tidak rusak saat dimasak. Oleh karena itu, untuk Anda yang belum berpengalaman bisa meminta bantuan orang lain yang lebih mengerti. Sekian ulasan mengenai cara membersihkan lobster sebelum dimasak. Semoga bisa membantu Anda yang sedang bingung terkait bagaimana mengolah lobster menjadi masakan yang lezat.c