Cara Membersihkan Lantai Marmer Agar Selalu Bersih & Mengkilap


Cara Membersihkan Lantai Marmer – Lantai marmer termasuk jenis lantai yang memiliki keindahan tersendiri. Dengan keindahannya itu, lantai marmer dapat meningkatkan gengsi atau nilai prestisius sebuah rumah. Namun tidak semua rumah dapat dihiasi dengan lantai marmer karena harga marmer terkenal tinggi. Ketika Anda sudah memutuskan memilih lantai marmer untuk diaplikasikan pada lantai rumah Anda, sebaiknya Anda juga sudah memulai memikirkan bagaimana cara merawat lantai marmer dan bagaimana juga cara membersihkan lantai marmer dari berbagai macam kotoran. Ingat, walaupun lantai marmer sangat indah, namun jika cara perawatan dan pemeliharaannya tidak tepat, lantai marmer dapat kehilangan semua keindahannya itu, misalnya karena kerusakan permanen akibat goresan.

Cara membersihkan lantai marmer tidak boleh sembarangan, perawatannya pun haruslah dilakukan secara rutin. Debu, noda, maupun kotoran yang menempel pada lantai marmer sebaiknya segera dibersihkan. Kotoran-kotoran tersebut berpotensi merusak keindahan lantai marmer jika dibiarkan terlalu lama.

Cara Membersihkan Lantai Marmer

Terlebih jika noda yang menempel mengandung zat asam, lantai marmer Anda dapat menjadi rusak secara permanen. Dari pengamatan kami sejauh ini, ada kurang lebih 4 macam cairan yang ramah terhadap marmer dan cocok digunakan untuk membersihkan noda maupun kotoran yang menempel pada lantai marmer di rumah Anda.



CAIRAN PEMBERSIH LANTAI MARMER YANG AMAN DAN EFEKTIF MEMBERSIHKAN NODA KOTORAN

Baking Soda. Inilah satu-satunya cairan pembersih noda pada marmer yang dapat Anda buat sendiri. Cara membuatnya ialah cukup campurkan baking soda dengan air secukupnya. Buat hingga campuran tersebut menyerupai pasta. Campuran baking soda dengan air ini dapat digunakan untuk membersihkan noda kotoran pada lantai marmer dan membuat lantai marmer mengkilap kembali. Campuran baking soda dengan air ini tidak terlelu abrasif sehingga tidak menimbulkan goresan dan aman digunakan pada lantai marmer.

Deterjen Cair. Deterjen cair yang biasa duginakan untuk mencuci pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan debu dan noda membandel pada permukaan lantai marmer. Pilihlah cairan deterjen yang berkualitas baik, tidak mengandung asam, dan juga tidak mengandung pemutih. Cara menggunakannya yaitu campurkan 1/4 sendok teh deterjen cair ke dalam 1 cangkir air lalu aduk hingaa tercampur. Celupkan kain berbahan lembut ke dalam cairan tersebut, lalu gosokkan secara perlahan pada permukaan marmer yang terkena noda. Pastikan Anda tidak menggunakan cairan deterjen teralu banyak, karena dapat beresiko meninggalkan noda pada lantai marmer.

Cara Membersihkan Lantai Marmer

Amonia. Amonia bersifat basa sehingga aman digunakan untuk membersihkan lantai marmer jika digunakan dengan dosis yang tepat. Cairan basa efektif untuk membuat debu dan noda yang menempel pada lantai marmer menjadi terkelupas. Cara menggunakannya hampir sama dengan deterjen cair, yaitu campurkan 1 sendok amonia ke dalam 1 cangkir air. Ambil lap bertekstur lembut, celupkan pada cairan amonia, dan gosokkan pelan-pelan pada noda dan debu lantai marmer hingga bersih.

Hidrogen Peroksida. Hampir sama dengan amonia, hidrogen peroksida cocok digunakan untuk membersihkan noda, kotoran, maupun debu pada permukaan lantai mermer di rumah Anda. Hidrogen peroksida cocok digunakan untuk membersihkan noda yang bersifat asam. Cara menggunakannya lebih praktis dari pada membersihkan lantai marmer menggunakan amonia maupun deterjen cair. Ambil kain bersih berbahan lembut, basahi dengan sedikit cairan hidrogen peroksida. Lalu gosokkan pada lantai marmer yang terkena noda maupun kotoran dengan lembut. Noda dan kotoran pada lantai marmer akan segera terkelupas dan lantai menjadi bersih.

CARA MEMBERSIHKAN LANTAI MARMER DENGAN BENAR DAN AMAN

  • Pilih salah satu larutan diatas atau Anda dapat juga menggunakan larutan pembersih lantai marmer yang banyak dijumpai dipasaran. Pilihlah larutan pembersih dengan mutu yang baik. Jangan lupa baca petunjuk penggunaannya terlebih dahulu. Sesuaikan dengan luas area yang hendak dibersihkan.
  • Celupkan kain berbahan lembut pada cairan tersebut, lalu gosokkan dengan perlahan pada permukaan lantai marmer. Gosok dengan pelan, jangan sampai permukaan lantai marmer menjadi tergores.
  • Untuk noda membandel, pada saat menggosok noda, Anda dapat memberikan sedikit penekanan. Sesekali basahi kain dengan cairan pembersih. Ulangi beberapa kali hingga noda membandel terkelupas dan lantai marmer menjadi bersih.
  • Setelah dibersihkan, biarkan sejenak lantai tersebut kurang lebih 1 sampai 2 jam. Kemudian bilas permukaan lantai marmer dengan air bersih. Lalu keringkan dengan menggunakan kain yang menyerap air dan debu.
  • Jika lantai sudah benar-benar kering, Anda dapat menggunakan produk pengkilap lantai marmer. Anda dapat dengan mudah menemuinya dipasaran. Pastikan Anda memilih produk yang memiliki kualitas baik. Baca juga petunjuk penggunaannya dengan seksama agar diperoleh hasil yang maksimal. Gunakan produk pengkilap ini secara merata pada seluruh permukaan lantai marmer.
  • Untuk finishing, Anda dapat menggunakan diamond polishing pad agar permukaan lantai marmer menjadi lebih mengkilap lagi.

Demikianlah artikel cara membersihkan lantai marmer agar selalu bersih dan mengkilap. Dengan perawatan yang tepat, lantai marmer Anda akan tetap bersih, mengkilap, dan mempesona. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekalian. Ingin menggunakan tanah liat sebagai lantai dapur Anda? Simak artikel perawatan dan cara membersihkan lantai tanah liat dengan mudah.