Cara Membersihkan Lantai Kayu Parket


Cara Membersihkan Lantai Kayu – Jika pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas cara membersihkan lantai granit, maka kali ini kami akan membahas cara membersihkan lantai kayu parket. Selain granit, bahan lain dapat diaplikasikan pada lantai ialah kayu. Pemilihan lantai kayu dapat memberikan kesan sejuk, alami, dan asri pada suatu rumah. Seperti lantai pada umumnya, cara membersihkan lantai kayu salah satunya ialah dengan cara di pel. Namun cara mengepel lantai kayu berbeda dari cara mengepel lantai pada umumnya. Ingat, sedikit saja salah melakukan perawatan dapat menyebabkan lantai kayu menjadi mudah keropos, mudah kusam, dan intinya lantai kayu menjadi mudah rusak.

Lantai kayu memiliki sifat mudah lembab serta lebih mudah menyerap air sehingga debu dan kotoran biasanya lebih sulit dibersihkan. Hal ini tentu berbeda dengan cara membersihkan lantai keramik yang lebih mudah. Banyak hal yang dapat menyebabkan lantai kayu menjadi cepat rusak, diantaranya ialah cara membersihkan lantai kayu yang tidak tepat, cara merawat lantai kayu yang salah, cuaca, maupun aktivitas-aktivitas yang tidak seharusnya dilakukan diatas lantai kayu.

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Saat ini, banyak pula dijumpai lantai yang dilapisi dengan panel kayu atau biasa disebut lantai kayu parket atau lantai parquet. Walaupun hanya sebagai pelapis, kayu pada lantai parket juga perlu perawatan yang intensif seperti halnya pada lantai kayu yang sebenarnya. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan penanganan yang tepat dalam membersihkan lantai kayu agar lantai kayu ini dapat tetap bersih dan awet. Oke, berikut ini langsung saja kami bahas bagaimana cara membersihkan lantai kayu parket dengan benar.



CARA MEMBERSIHKAN LANTAI KAYU DENGAN TEPAT

Saat Anda memilih menggunakan lantai kayu untuk diaplikasikan untuk lantai rumah Anda, ada baiknya Anda memperhatikan dengan detail semua infomasi dan instruksi yang diberikan pada Anda tentang bagaimana cara membersihkan lantai kayu maupun cara merawatnya. Agar Anda dapat membersihkan dan merawat lantai kayu dirumah Anda dengan tepat sehingga lantai kayu dapat bertahan lebih lama.

Biasakan untuk secara rutin menyapu lantai kayu agar debu dan kotoran lainnya tidak menempel terlalu lama hingga akhirnya menumpuk pada lantai kayu Anda. Anda dapat menggunakan sapu dengan bulu yang lembu atau menggunakan penyedot debu (vacuum cleaner). Lalu lanjutkan dengan mengepel lantai kayu.

Sebelum membersihkan lantai kayu dengan mengepelnya, sebaiknya Anda harus mengetahui apakah lantai kayu yang hendak Anda bersihkan memiliki lapisan atau tidak. Lapisan pada lantai kayu dapat berupa lapisan pernis maupun lapisan lilin.

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Cara membersihkan lantai kayu jika terdapat lapisan anti air ialah campurkan pembersih lantai kayu     dengan air hangat. Pilihlah pembersih lantai kayu yang memiliki kualitas baik. Masukan kain pel dan peras hingga kain pel hanya sedikit basah. Pel lantai dengan gerakan memutar, setelah itu keringkan lantai kayu dengan kain kering dan bersih lainnya.

Cara membersihkan lantai kayu jika tidak terdapat lapisan anti air ialah campurkan pembersih lantai kayu dengan sedikit air lalu oleskanlah pada lantai kayu. Setelah itu segera keringkan hingga benar-benar kering agar lantai kayu terhindar dari kerusakan.

Pilihlah kain pel dari bahan katun yang memiliki kualitas baik. Saat mengepel, peras kuat-kuat kain pel Anda, jangan sampai kain pel terlalu basah. Sebaiknya pengepelan dilakukan dua kali, yang pertama di pel menggunakan kain lembab atau sedikit basah, dan yang kedua pel dengan menggunakan kain kering yang bersih.

CARA MEMBERSIHKAN LANTAI KAYU PARKET YANG BENAR

Untuk lantai kayu parket, cara membersihkannya cukup disapu atau dibersihkan dengan alat penghisap debu saja ya. Jangan di pel dengan air karena air dapat masuk ke lapisan plywood yang dapat membuat kayu menjadi lapuk. Dengan menggunakan air, kelembaban pada parket juga dapat meningkat yang dapat menyebabkan perbedaan tekanan secara drastis. Hal ini akhirnya dapat membuat sendi parket menjadi lepas, sehingga akibatnya lantai parket akan berbunyi atau berderik ketika diinjak.

Jika ada makanan atau minuman yang tumpah diatas lantai kayu parket, segera angkat semua kotoran tersebut dengan lap kering. Ambil cairan khusus pembersih lantai parket berkualitas baik. Lalu gunakan untuk membersihkan bagian lantai yang kotor dan terkena noda. Jangan lupa baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan pada kemasan cairan pembersih.

Demikianlah cara membersihkan lantai kayu dengan benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya kami akan membahas bagaimana tips merawat lantai kayu agar tetap bersih dan awet.