Cara Membersihkan Karpet Permadani


Cara Membersihkan Permadani – Jika pada postingan sebelumnya kami telah membahas bagaimana cara membersihkan karpet dirumah Anda, sekarang kami akan mengulas cara membersihkan karpet permadani. Apakah Anda memiliki karpet permadani di rumah? Jika iya, jangan pernah mencoba memperlakukan perawatan karpet biasa pada karpet permadani ya! Karpet biasa pada umumnya telah didesain untuk penggunaan yang lebih sering dan lebih kasar. Berbeda dengan karpet permadani yang didesain untuk pemakaian yang lebih lembut. Dengan memahami perawatan yang tepat, termasuk mengetahui cara membersihkan karpet permadani dengan benar, tentu dapat membuat permadani di rumah Anda menjadi tetap bersih dan tetap awet.

CARA MERAWAT KARPET PERMADANI (PERAWATAN HARIAN)

Sediakan penghisap debu yang bagus dan sikat bulu. Pilihlah sikat bulu yang lembut atau tidak terlampau kasar. Sebagai permulaan, sebaiknya bersihkan karpet permadani mulai dari bagian belakang. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Setelah sisi bagian belakang selasai dibersihkan, gunakan penghisap debu untuk membersihkan bagian sisi sebaliknya, yaitu sisi atas. Setelah semua debu tersedot mesin penghisap, kini saatnya Anda menggunakan sikat bulu untuk membersihkan bulu-bulu atau rambut yang menempel pada bagian atas permadani. Oiya, untuk bagian rumbai jangan gunakan penghisap debu untuk membersihkannya. Cukup bersihkan rumbai permadani dengan tangan.

Cara Membersihkan Karpet Permadani



Pada kasus tertentu, mungkin saja karpet permadani Anda terkena noda atau kotoran yang sulit dihilangkan. Lalu bagaimana cara membersihkan noda pada karpet permadani? Untuk mengangkat noda kotoran, Anda dapat menggunakan campuran dari air hangat, sedikit cuka putih, dan sedikit deterjen anti noda. Gunakan dengan takaran yang sedikit agar karpet permadani tidak basah berlebihan dan serat tidak rusak. Jika noda yang menempel sudah kelewat bandel, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan produk pembersih noda karpet yang dapat dibeli di pasaran. Pilihlah pembersih karpet yang dapat digunakan pada karpet berbahan lebih halus seperti karpet permadani. Pembersih karpet yang mengandung bahan terlalu keras dapat merusak serat karpet permadani Anda.

Dengan intensitas penggunaan yang tidak terlalu sering, sebenarnya Anda dapat menjadwal untuk membersihkan permadani seminggu sekali. Lakukan cara membersihkan permadani seperti yang sudah dibahas barusan, cukup menggunakan penyedot debu dan sikat bulu. Nah, untuk karpet permadani yang jarang digunakan, Anda dapat membersihkannya 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Sesuaikan dengan tingkat kekotoran pada karpet permadani. Untuk perawatan khusus hingga tuntas, Anda dapat melakukannya setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Perawatan khusus dapat membuat permadani Anda tetap terlihat baru. Ketika permadani terkena noda, biasakan untuk langsung membersihkannya. Semakin baru usia noda, maka akan semakin mudah noda tersebut dibersihkan.

CARA MENCUCI PERMADANI AGAR BERSIH DAN AWET

Tidak semua permadani dapat dicuci, oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhatikan label pada permadani Anda sebelum mencoba untuk mencucinya. Sebagian permadani dapat dicuci menggunakan mesin cuci, namun bukan berarti Anda dapat mencucinya dengan cara yang semabarangan. Saat mencuci permadani, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar serat karpet permadani Anda tidak rusak. Apakah karpet permadani yang Anda miliki berjenis permadani anyam? Atau termasuk jenis permadani tenun? Kedua jenis permadani tersebut memiliki materi bahan yang cukup kuat untuk dicuci dengan mesin cuci. Sedangkan permadani berjenis lain umumnya memiliki materi bahan yang lebih lembut sehingga kurang cocok dibersihkan dengan cara dicuci dengan mesin cuci.

Cara Membersihkan Permadani Dari Noda

Walaupun karpet permadani berjenis anyam dan tenun memiliki tekstur yang lebih kuat, Anda juga harus tetap berhati-hati saat hendak mencucinya dengan mesin cuci. Salah satu perlindungan yang dapat dilakukan ialah dengan memasukan permadani ke dalam kantong berbahan katun terlebih dahulu. Jika Anda sulit menemukan kantong katun yang khusus, Anda dapat menggunakan sarung bantal sebagai penggantinya. Manfaat dari memasukan permadani milik Anda ke dalam sarung bantal terlebih dahulu ialah agar bahan dari karpet permadani tidak bersentuhan langsung dengan tabung mesin cuci sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan.

Demikianlah cara membersihkan permadani kesayangan Anda dirumah. Semoga artikel ini bermanfaat. Anda juga memiliki permadani oriental yang lembut? Baca cara membersihkan permadani oriental yang lembut agar tetap bersih, awet, dan selalu terlihat baru.