Cara Membersihkan Jamur Di Karpet Kesayangan Anda


Cara Membersihkan Karpet Berjamur – Karpet adalah salah satu benda yang sering kita jumpai ada diruang tamu. Selain mempercantik pemandangan ruangan, karpet juga memiliki banyak fungsi, salah satunya ialah sebagai alas pengganti tikar. Berbeda dengan tikar biasa, karpet lebih tebal sehingga lebih nyaman dan hangat saat digunakan untuk duduk atau rebahan. Saat ini karpet juga diproduksi dalam beraneka macam motif dari bahan materi yang bermacam-macam. Banyak keluarga menggunakan karpet di ruang keluarga sebagai tempat untuk bermain anak, sedangkan para orang tua dapat mengawasi mereka sambil menonton tv. Namun apa jadinya jika karpet dirumah Anda berjamur? Tentu sangat berbahaya bagi kesehatan anak dan keluarga kan?

Jamur seringkali tumbuh pada karpet, apalagi jika kondisi ruangan dan lantai rumah Anda cukup lembab. Jamur dapat menimbulkan bau apak pada karpet, jika tidak segera dibersihkan jamur juga dapat merusak permukaan maupun serat karpet, selain itu jamur juga berbahaya bagi kesehatan terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asma, alergi, maupun yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Jika karpet yang Anda miliki ukuran lebih dari 2 meter persegi, sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional untuk membersihkannya. Namun jika ukuran karpet di rumah Anda masih tergolong kecil, tidak ada salahnya untuk membersihkannya sendiri.

Bagaimana Cara Membersihkan Jamur Dari Karpet?

Sebelum mulai membersihkan jamur pada karpet rumah Anda, pastikan Anda sudah memakai kaca mata pelingdung, masker wajah, dan pakaian pelindung. Perlu Anda ketahui, saat proses membersihkan jamur, kemungkinan besar spora jamur akan ikut beterbangan dan bila terhirup akan berbahaya bagi kesehatan Anda. Pastikan pula sirkulasi udara pada ruangan berjalan dengan lancar, Anda dapat membuka jendela maupun pintu untuk menambah ventilasi.

Cara Membersihkan Jamur Di Karpet



Jika kondisi memungkinkan, bawa karpet ke luar ruangan, dan jemurlah dibawah sinar matahari sekitar 2 hari. Namun jika ternyata karpet tidak dapat diangkat dari lantai, Anda dapat menggunakan alat dehumidifier (alat pengontrol kelembaban udara). Keringkan karpet menggunakan kipas angin lalu bersihkan debu dengan alat penghisap debu.

Setelah itu, sikat jamur-jamur yang menempel pada sisi atas karpet dilanjutkan dengan menyikat jamur pada sisi bawah karpet. Bersihkan pula lantai dibawah karpet tepat dibalik bagian karpet yang banyak ditumbuhi jamur. Selesai menyikat, bersihkan seluruh bagian karpet dengan alat penyedot debu.

Semprotkan produk antijamur yang banyak dijual dipasaran. Pilih produk yang memiliki kualitas baik. Anda juga dapat menggunakan cuka ataupun bubuk soda kue. Cuka terbukti efektif menghambat perkembangan jamur, sedangkan soda kue efektif menghilangkan bau tidak sedap pada karpet Anda. Cara menggunakannya, tuangkan cuka pada bagian karpet yang ditumbuhi jamur, biarkan sekitar 1 jam hingga cuka meresap, lalu bilas hingga bersih. Campurkan soda kue dengan air hangat hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada bagian yang tadi dituangi cuka. Setelah itu seka dan bersihkan dengan penghisap debu.

Anda juga dapat menggunakan minyak tea tree dan minyak biji anggur untuk mengatasi jamur pada karpet rumah Anda. Cara menggunakannya, tambahkan 1 sendok teh minya tea tree, atau dapat juga menggunakan 10 tetes minyak biji anggur ke dalam air. Masukan air tersebut ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan cairan ini ke bagian karpet yang ditumbuhi jamur, setelah itu seka dengan kain bersih dan biarkan mengering.

Cara Membersihkan Karpet Dari Jamur

Setelah itu sikat kembali kedua sisi karpet, baik depan maupun belakang, dan biarkan hingga kering. Oleskan pula cairan anti jamur pada lantai dibawah karpet. Biarkan hingga kering dan tidak perlu dibilas dengan air. Sesudah karpet kering, semprotkan kembali produk cairan anti jamur ke seluruh bagian karpet Anda. Semprotkan dengan merata. Jika sudah, biarkan hingga karpet kering.

Nyalakan alat dehumidifier (alat pengontrol kelembaban udara) selama beberapa hari didalam ruangan, agar kelembaban udara didalam ruangan tetap terjaga. Karpet telah siap dipasang dan digunakan kembali. Proses membersihkan karpet dari jamur telah selesai, namun sebaiknya Anda juga membersihkan seluruh peralatan termasuk pakaian yang Anda gunakan saat membersihkan jamur, agar spora jamur tidak menyebar didalam rumah Anda.

Demikianlah cara membasmi dan mengatasi jamur pada karpet rumah Anda. Semoga artikel Cara Membersihkan Jamur Di Karpet Kesayangan Anda ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.