Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar


Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Tips Membersihkan Air Akuarium – Halo para pecinta ikan sekalian, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar. Seperti kita ketahui bersama, agar ikan tetap segar dan sehat, tentu kita harus rajin merawat dan menjaga kebersihan akuarium. Dengan menjaga kebersihan baik air maupun akuarium itu sendiri, berarti kita juga menjaga kesehatan ikan-ikan kita. Banyak orang seringkali beranggapan membersihkan akuarium itu sebagai pekerjaan yang merepotkan. Namun asal kita tahu cara membersihkan akuarium air tawar yang tepat, kegiatan ini sebenarnya merupakan hal yang mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Bagaimana cara membersihkan akuarium air tawar dengan baik dan benar? Simak ulasan berikut ini.

Banyak orang merasa bingung saat hendak membersihkan akuarium, diantaranya bertanya bagaimana cara membersihkan air akuariu, bagaimana cara membersihkan kaca akuarium, bagaimana cara membersihkan jamur pada kaca akuarium, dan bagaimana cara menghilangkan kerak pada akuarium? Semua itu akan kami jawab pada cara membersihkan akuarium air tawar berikut ini!

CARA MEMBERSIHKAN AKUARIUM AIR TAWAR DENGAN MUDAH

Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Langkah membersihkan akuarium air tawar yang pertama ialah membersihkan kaca bagian dalamnya. Anda dapat melakukannya tanpa mengeluarkan airnya dan memindahkan ikan terlebih dahulu. Gunakan spons cuci piring yang masih baru. Gunakan bagian halus untuk membersihkan kaca bagian dalam yang tidak terlalu kotor. Gunakan bagian dengan sabut kasar untuk bagian kaca yang ditumbuhi lumut atau ganggang. Untuk kerak pada kaca aquarium, Anda dapat menggunakan silet biasa ataupun silet plastik untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Setelah kaca bagian dalam selesai dibersihkan, kini saatnya kita mengganti air didalam akuarium. Jika Anda rajin dan rutin membersihkan dan mengganti air akuarium, sebenarnya Anda tidak perlu mengganti seluruh air dalam akuarium. Jika Anda rutin membersihkan akuarium, Anda cukup mengganti 10-20 persen air setiap minggunya. Jika kondisi ikan tidak sehat, maka Anda harus mengganti air dalam jumlah yang lebih banyak.



Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Anda sudah menentukan berapa banyak air yang akan diganti. Sekarang siapkan ember untuk menampung air yang akan diganti. Sedot air dalam akuarium menggunakan alat penyedot air akuarium. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat menghemat tenaga untuk mengeluarkan air yang akan diganti. Sebaiknya hindari membuang air menggunakan gayung, karena dapat membuat ikan menjadi stress.

Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Setelah air didalam aquarium berkurang, kini saatnya Anda membersihkan dasar akuarium dari sisa-sisa makanan maupun kotoran ikan. Gunakan penyedot air untuk membersihkan dasar akuarium. Jika Anda menggunakan kerikil pada dasar akuarium, gunakan penyedot air lebih merapat pada kerikil agar kotoran yang terselip disela kerikil dapat tersedot. Namun jika Anda menggunakan media pasir, jangan menyedot kotoran terlalu dekat. Beri jarak sekitar 2,5 cm agar pasir tidak ikut tersedot.

Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Jika Anda menghiasi aquarium menggunakan batuan atau hiasan dekorasi, Anda sebaiknya mengerluarkan aksesoris tersebut untuk dibersihkan. Biasanya hiasan dekorasi juga ditumbuhi lumut dan ganggang. Gunakan sikat gigi bekas berbulu lembut untuk membersihkannya. Jika Anda hendak menggunakan sabun untuk membersihkannya, pastikan agar Anda membilas benda tersebut hingga tidak ada sisa sabun sebelum hiasan dekorasi dimasukan kembali pada akuarium.

Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Bagian dalam akuarium sudah bersih. Kini saatnya Anda untuk menambahkan air bersih ke dalam akuarium. Anda dapat menggunakan air keran maupun air sumur untuk mengisi akuarium. Menggunakan air keran maupun air sumur sebenarnya kurang dianjurkan, karena pada beberapa kasus air dari sumber tersebut memiliki kandungan logam berat maupun racun yang berbahaya bagi ikan. Air yang terbaik untuk mengganti air akuarium air tawar ialah air kemasan yang berasal dari mata air tanpa melalui proses pemurnian.

Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar – Yang belum Anda lakukan ialah membersihkan beberapa bagian luar akuarium, seperti kaca akuarium, lampu, penutup akuarium, dan filter akuarium maupun kartrij penyaring. Untuk kaca, lampu dan penutup akuarium, Anda dapat menggunakan air bersih biasa maupun campuran air dengan cuka putih untuk menyekanya. Sedangkan untuk filter dan kartrij penyaringan dapat dibersihkan setiap minggu dengan membilasnya. Kartrij penyaringan dapat Anda ganti sebulan sekali guna menjaga air dalam akuarium tetap bersih.

PERHATIAN :
Mengingat cara membersihkan akuarium air tawar ini dilakukan tanpa memindahkan ikan terlebih dahulu, pastikan semua benda yang dimasukan ke dalam air akuarium bebas dari kotoran maupun bahan-bahan kimia seperti sabun. Baik itu tangan, spons, silet, maupun peralatan lain.

Demikianlah ulasan lengkap Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar dengan mudah. Dalam ulasan diatas, Anda juga mendapat jawaban tentang bagaimana cara membersihkan air akuarium, bagaimana cara membersihkan kerak pada kaca akuartium, maupun cara menghilangkan jamur pada kaca aqurium. Semoga ulasan diatas membantu. Terimakasih. Lalu bagaimana dengan akuarium air laut atau akuarium air asin? Jangan bingung dan iri hati, karena kami telah mengulasnya juga pada artikel Cara Membersihkan Akuarium Air Asin Laut.