Cara Membersihkan Akuarium Air Asin Laut


Cara Membersihkan Akuarium Air Asin Laut – Halo sahabat sekalian, jika pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang Cara Membersihkan Akuarium Air Tawar, kini kami juga akan melengkapi artikel tersebut dengan mengulas Cara Membersihkan Akuarium Air Asin Laut. Sama halnya dengan akuarium air tawar, jika Anda menginginkan ikan-ikan air laut Anda berenang dengan sehat di air akuarium yang jernih, tentulah Anda harus rajin untuk membersihkan akuarium air asin di rumah Anda. Dan membersihkan air asin di akuarium tentu tidak boleh asal membersihkan, Anda harus mengetahui cara membersihkan akuarium air asin atau air laut yang benar. Bagaimana cara membersihkan akuarium air laut dengan benar? Simak artikel Cara Membersihkan Akuarium Air Asin atau laut ini hingga selesai ya.

Sama seperti cara membersihkan akuarium air tawar, sebelum memulai membersihkan akuarium tentu kita harus mempersiapkan dulu peralatan yang hendak digunakan untuk proses membersihkan nantinya. Pada dasarnya, peralatan yang digunakan untuk membersihkan akuarium adalah sama, yang membedakan ialah medianya, karena saat ini tentunya kita akan menggunakan media air laut atau air asin.

CARA MEMBERSIHKAN AKUARIUM AIR ASIN ATAU AIR LAUT

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Tanpa mengeluarkan dan memindahkan ikan terlebih dahulu, langsung saja bersihkan kaca bagian dalam akuarium air asin Anda. Bersihkan lumut dan ganggang yang menempel menggunakan spons cuci. Jangan menggunakan spons bekas. Lebih baik Anda membeli spons khusus untuk membersihkan akuarium. Jika terdapat kerak membandel yang sulit dibersihkan, gunakan silet plastik untuk menghilangkannya.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Kurangi jumlah air dalam akuarium untuk diganti dengan yang baru. Jika Anda rutin membersihkan dan mengganti air akuarium, berarti sekarang Anda tidak perlu mengganti air asin akuarium secara keseluruhan. Cukup dibuang 10%nya saja dan gantikan dengan air laut yang baru sebanyak yang Anda buang. Itu sudah cukup untuk membuat ikan tetap nyaman dan sehat berada didalam akuarium.



Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Setelah Anda mengurangi jumlah air asin di dalam akuarium, sekarang mulailah untuk membersihkan kotoran pada dasar akuarium menggunakan alat penyedot. Dengan alat ini, kotoran ikan, sisa makanan, maupun kotoran yang lain akan tersedot. Jika Anda menggunakan kerikil dan batuan, tempelkan alat penyedot pada batuan. Namun jika Anda menggunakan media pasir, sebagiknya beri jarak sekitar 2,5 cm agar pasir tidak ikut tersedot.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Secara rutin, bersihkan pula batuan dekorasi yang ada didalam akuarium. Angkat batuan dekorasi maupun aksesoris lain satu per satu untuk kemudian dibersihkan dari lumut, ganggang, maupun kotoran yang menempel. Gunakan sikat gigi bekas berbulu lembut untuk membersihkannya. Setelah bersih, Anda dapat mengembalikannya ke posisi semula.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Untuk akuarium air asin atau air laut, biasanya akan ada residu jejak garam yang tertinggal ketika ada air dalam akuarium yang menguap. Anda dapat membersihkan residu-residu ini menggunakan spons.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Sekarang adalah tahap dimana Anda menambahkan kembali 10% air yang telah Anda buang tadi. Tahap ini menjadi tahap yang sedikit rumit dibandingkan ketika Anda mengganti air pada akuarium air tawar. Lakukanlah persiapan ini semalam sebelum Anda membersihkan akuarium air asin di rumah Anda.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Langkah membuat larutan air garam sendiri untuk ditambahkan ke dalam akuarium air laut adalah belilah air sulingan yang banyak dijual dikios penyulingan air, masukan ke dalam sebuah ember. Hangatkan air menggunakan penghangat air khusus. Alat ini biasanya dapat dibeli di petshop terdekat. Tambahkan campuran garam menggunakan garam sekali pakai yang dapat dibeli di petshop. Baca aturan pakainya, umumnya setengah gelas campuran garam untuk 3 liter air.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Jika air campuran garam telah siap, biarkan diangin-angin dan diamkan semalaman. Pagi harinya periksalah kadar garam dengan alat refraktometer. Kadar garam harus berada diantara angka 1.021 – 1.025. Jika sudah tepat, Anda dapat menambahkan air tersebut ke dalam akuarium. Ingat, jika Anda rutin membersihkan akuarium, cukup ganti 10%-nya saja.

Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin – Sebagai perawatan harian, Anda harus selalu mengecek suhu air laut dalam akuarium Anda. Yang perlu Anda ketahui, ikan air asin dapat hidup dengan sehat pada suhu air yang stabil. Jadi pastikan suhu air laut dalam akuarium Anda tetap terjaga dan stabil.

Demikianlah ulasan Cara Membersihkan Akuarium Air Laut Asin dengan lengkap. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda menjaga kebersihkan akuarium serta menjaga kesehatan ikan-ikan peliharaan Anda. Terimakasih.