Cara Membersihkan Accu Yang Kotor


Cara Membersihkan Accu yang Kotor – Pada zaman sekarang ini sebagian besar orang telah memiliki kendaraan pribadinya sendiri-sendiri, motor, mobil ataupun yang lainnya. Pada kesempatan kali ini Jadi Bersih ingin membagikan sedikit tips cara membersihkan accu yang kotor karena salah satu bagian dari kendaraan yang membutuhkan perawatan khusus adalah accu. Mengingat pentingnya keberadaan alat ini, maka tidak salah jika banyak pengendara yang mencari cara membersihkan accu yang benar. Berdasarkan fungsinya, bagian ini merupakan hal terpenting untuk kendaraan dalam mengoperasikan berbagai bagian yang membutuhkan listrik. Bisa dikatakan bahwa accu atau yang biasa disebut aki adalah sumber dari listrik DC pada kendaraan. Beberapa bagian pada mobil yang berkaitan langsung dengan fungsi accu adalah lampu ritting, lampu depan, lampu rem, klakson, starter dan lain sebagainya.

Masalah kemudian muncul ketikan accu sudah tidak berfungsi untuk menyimpan listrik sebagaimana fungsinya. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan adanya kotoran yang menempel di dalam bagian tersebut akibat proses kimiawi antara air accu dengan timah hitam atau zat lainnya yang lama-kelamaan menyebabkan bagian di dalam accu menjadi rusak.

CARA MEMBERSIHKAN ACCU YANG KOTOR

Bagi Anda yang ingin memperbaiki accu kendaraan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama-tama, siapkan peralatan yang akan digunakan untuk membersihkan bagian kendaraan ini yaitu seember air bersih, garam dapur, pisau, obeng, accu zuur dan air aki murni.

Apabila bahan-bahan tersebut telah dipersiapkan, mulailah membuka bagian accu dan keluarkan semua cairan elektrolit yang terdapat di dalamnya. Kemudian accu yang telah bersih dari cairan elektrolit tersebut bisa dibalik agar air yang ada di dalamnya ikut keluar. Sembari menunggu air yang ada di dalam accu habis, Anda bisa mulai membuat larutan khusus yang terdiri dari air aki murni dan garam dapur sebanyak satu sendok. Cara membersihkan accu selanjutnya adalah memasukkan larutan yang telah dibuat tadi ke dalam accu yang sudah dibersihkan sampai menyisakan sekitar 2 cm dari tutup mulut accu.



Kemudian, accu yang telah diisi larutan garam plus air aki murni tersebut di aliri listrik atau di charge selama kurang lebih 15 menit. Apabila sudah selesai, cara membersihkan accu yang harus dilakukan selanjutnya adalah menghentikan kegiatan charger tadi dan mulai mengeluarkan isi larutan yang dimasukkan sebelumnya sampai bersih. Accu yang telah dibersihkan dari larutan tadi kemudian diisi kembali dengan air dari aki zuur. Jika sudah terisi, charger kembali accu tersebut beberapa lama agar terjadi pengisian. Terakhir, bersihkan bodi aki sebelum dipasang kembali dan jalankan kendaraan agar accu terpancing untuk memproses pengisian yang telah dilakukan tadi.

Selain melakukan pembersihan, agar bisa tahan lama ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah selalu memperhatikan volume air aki. Jika dirasa mulai menyusut, segeralah isi air accu tersebut. Sebab, kelalaian seperti itu seringnya membuat accu menguap dan akhirnya mudah rusak. Selain itu, kebersihan dari terminal accu juga harus selalu terjaga agar ketika akan membersihkannya tidak akan terjadi masalah di bagian terminalnya.

Itulah beberapa cara membersihkan accu yang bisa Anda aplikasikan di rumah, mudah bukan? ayo mulai sekarang jangan malas membersihkan accu kendaraan Anda agar kendaraan Anda pun selalu dalam kondisi baik.