Cara Memandikan Kucing Bulu Pendek Dengan Benar Di Rumah


Cara Memandikan Kucing Berbulu Pendek– Tips Memandikan Kucing Yang Takut Air – Apakah Anda pecinta kucing? Memelihara kucing di rumah? Jenis kucing apa yang Anda pelihara? Kucing yang berbulu pendek? Atau kucing yang memiliki bulu panjang? Nah, apapun jenis kucing yang Anda miliki, tentu Anda perlu mengetahui cara memandikan kucing dengan benar di rumah. Kenapa dilakukan dirumah? Alasannya agar si kucing lebih sayang terhadap Anda dan tentu Anda juga dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan jika Anda hendak memandikan kucing di petshop. Kali ini kami akan membahas mengenai Cara Memandikan Kucing Berbulu Pendek Dengan Benar Di Rumah. Bagi yang mencari artikel memandikan kucing bulu panjang, Anda dapat membaca Tips Memandikan Kucing Berbulu Panjang Kucing Persia. Sudah siap untuk mulai memandikan kucing bulu pendek kesayangan Anda dengan benar di rumah? Yuk simak ulasannya.

Mesikupun mungkin ada yang beranggapan bahwa kucing tidak perlu dimandikan karena mereka bisa mandi sendiri dengan menjilati bulu mereka sendiri, namun sebenarnya perawatan tambahan seperti memandikan kucing dengan rutin tetaplah diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing-kucing Anda. Kucing perlu diberi kasih sayang salah satunya dengan cara memandikan mereka, dengan begitu mereka akan mempercayai Anda dan air mandinya. Nah bagamana cara memandikan kucing dengan benar tanpa membuat mereka panik dan mencakar Anda? Yuk simak Cara Memandikan Kucing Bulu Pendek Dengan Benar Di Rumah.

CARA MEMANDIKAN KUCING DENGAN BENAR DI RUMAH – KHUSUS KUCING BULU PENDEK

Sebelum masuk pada cara memandikan kucing yang benar, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan peralatan yang akan dipakai saat memandikan kucing Anda nanti. Siapkanlah air hangat, beberapa handuk lembut, shampo khusus kucing, kapas, hair dryer, sisir khusus kucing, dan parfum khusus kucing jika diperlukan.

Untuk tempat memandikan kucing, Anda dapat menggunakan wastafel atau ember tidak terlalu lebar. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menutup lubang telinga kucing menggunakan kapas agar air tidak masuk ke dalam telinga.



Isilah wadah dengan air hangat kira-kira 3 cm. Masukan kucing Anda ke dalam wadah. Air yang tidak terlalu banyak dimaksudkan untuk membuat kucing tetap tenang. Ketika kucing sudah terbiasa dengan suasanan didalam wadah, Anda dapat secara perlahan menambahkan air hangat secukupnya ke dalam wadah tersebut.

Siramlah tubuh kucing dengan perlahan, sambil berikan sedikit gosokan lembut agar air dapat meresap sampai ke dasar kulitnya. Lakukan setiap hal dengan perlahan untuk membuat kucing Anda tetap tenang.

Ambilah shampo khusus kucing, lalu gosok dengan lembut ke seluruh bagian tubuh kucing, kecuali bagian kepala. Hal ini untuk menghindari shampo masuk ke mata atau hidung kucing. Menggosok wajah kucing pada saat basah juga dapat membuat kucing menjadi tidak nyaman bahkan panik.

Gosoklah secara perlahan hingga berbusa. Gunakan shampo khusus kucing agar aman terhadap bulu dan kulit kucing, selain itu dapat pula membunuh kutu kucing serta telur-telurnya. Gosok secara merata hingga kurang lebih 3 menit.

Setelah itu, Anda dapat mulai melakukan proses pembilasan. Ambil air hangat yang masih bersih. Lalu siramkan ke seluruh tubuhnya hingga bulunya benar-benar bersih dari sisa busa shampo. Jika sudah bersih, kini saatnya Anda melakukan pengeringan.

Pengeringan dapat dilakukan menggunakan handuk dan dapat pula menggunakan hair dryer. Jika kucing Anda tidak takut dengan hair dryer, Anda dapat menggunakannya alat pengering rambut ini menggunakan suhu paling rendah. Selain itu, Anda dapat menempuk-nepuk bulunya menggunakan handuk halus agar bulu kucing menjadi kering. Menjemur kucing dibawah sinar matahari pagi selama kurang lebih setengah jam juga baik untuk mengeringkan bulunya.

Nah setelah bulu kucing kesayangan Anda sudah bersih dan kering, barulah Anda dapat menyisirnya menggunakan sisir khusus kucing agar bulu-bulunya tidak kusut. Yang terakhir, Anda dapat menyemprotkan sedikit parfum khusus kucing agar kucing Anda dapat menjadi lebih segar lagi. Jangan lupa untuk melepas sumbat kapas pada telinga kucing ya. Demikianlah ulasan Cara Memandikan Kucing Dengan Benar Di Rumah. Semoga aritkel ini bermanfaat. Terimakasih.