Cara Memandikan Kelinci Peliharaan (Grooming Kelinci)


Cara Memandikan Kelinci Dengan Mudah – Pada postingan sebelumnya, kami telah membahas mengenai Cara Memandikan Kucing Bulu Panjang Angora Dan Persia maupun Cara Memandikan Kucing Bulu Pendek. Masih seputar hewan peliharaan, kali ini kami akan mengulas mengenai Bagaimana Cara Memandikan Kelinci Dan Cara Merawatnya, tentunya agar bersih dan sehat. Dengan dimandikan secara rutin, bulu kelinci akan menjadi bersih dan bebas dari kutu maupun tungau sehingga bulu kelinci dapat tumbuh dengan sehat dan terawat. Pada dasarnya kebiasaan kelinci hampir sama dengan kucing, yaitu dapat mandi sendiri dengan cara menjilati bulunya. Walaupun begitu, tetap saja ada bagian-bagian tertentu seperti pantat dan daerah kaki yang tidak dapat bersih ketika hanya dengan dijilati. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui Cara Memandikan Kelinci Peliharaan dengan benar. Simak ulasannya!

Cara Memandikan Kelinci Peliharaan yang akan kami bagikan sebenarnya hampir sama dengan Cara Memandikan Kucing yang sudah kami bagikan sebelumnya. Langsung saja simak Cara Memandikan Kelinci Peliharaan dengan benar dan mudah berikut ini.

CARA MEMANDIKAN KELINCI PELIHARAAN DENGAN MUDAH, BENAR, DAN AMAN

Cara Memandikan Kelinci – Sebelum memulai untuk memandikan kelinci dan melakukan perawatan terhadapnya, sebaiknya kita siapkan dahulu peralatan yang akan digunakan. Peralatan dan bahan untuk menadikan kelinci antara lain dua buah ember untuk memandikan, shampo kucing, handuk lembut yang meresap air, hair dryer, dan cadangan air hangat untuk membilas. Sedangkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk perawatan terhadap kelinci antara lain sisir khusus kucing, bedak, cotton bud dan baby oil untuk membersihkan telinga kelinci, kemudian gunting kuku, dan perlak bayi.

Cara Memandikan Kelinci – Jika semua peralatan sudah siap, kini saatnya Anda mempraktekan cara memandikan kelinci kesayangan Anda agar menjadi bersih. Siapkan kedua ember mandi, lalu isilah dengan air hangat secukupnya. Jangan terlalu tinggi karena air dapat masuk ke hidung dan mulut kelinci. Jadi isi secukupnya saja. Ember yang satu untuk memandikan kelinci, sedang ember yang lain untuk membilasnya.



Cara Memandikan Kelinci – Sebelum kelinci diangkat masuk ke dalam ember mandi, ada baiknya Anda menyumpalkan sedikit kapas ke telinga kelinci agar saat mandi air tidak masuk ke dalamnya. Selain itu, lebih baik Anda juga memotong kuku kelinci terlebih dahulu, selain untuk mencegah kelinci mencakar Anda pada saat dimandikan, memotong kuku kelinci juga akan membuat jari-jari kelinci terlihat rapi. Bagi yang memiliki kelinci berbulu panjang, jangan lupa untuk menyisir bulunya terlebih dahulu agar tidak kusut sebelum dimandikan karena bulu yang kusus akan semakin kusut jika terkena air.

Cara Memandikan Kelinci – Jika sudah siap, sekarang saatnya angkat kelinci Anda perlahan-lahan ke dalam bak ember tempat kelinci akan dimandikan. Biarkan beberapa saat hingga kelinci terbiasa dengan suasana didalam ember mandinya. Jika kelinci sudah tenang dan terbiasa, mulailah tuangkan air hangat sedikit-sedikit untuk membasahi tubuh kelinci. Mulai dari belakang hingga ke depan. Hati-hati agar air tidak masuk ke mata, hidung, atau mulut kelinci.

Cara Memandikan Kelinci – Anda dapat membantu meratakan basahnya air dengan mengusap-usap atau menggosok tubuh kelinci dengan gerakan satu arah saja yaitu dari atas ke bawah. Setelah itu, oleskan shampo kucing ke tubuh kelinci. Anda dapat menggosok searah dengan lembut untuk menghasilkan busa-busa sehingga bulu kelinci dapat menjadi lebih bersih. Pijat pelan-pelan agar shampo juga meresap sampai ke dasar kulit. Jika sudah cukup biarkan sejenak kelinci didalam ember.

Cara Memandikan Kelinci – Baiklah, sekarang saatnya memindahkan kelinci ke ember pembilasan. Pindahkan secara perlahan agar kelinci tidak panik. Dalam ember pembilasan, basahi tubuh kelinci dan siram secara perlahan mulai dari belakang hingga ke depan. Bantulah membersihkan sisa busa sabun dan sampo dengan menggosok-gosok bulu dari atas ke bawah. Jika sudah bersih, angkat kelinci dan taruhlah dilantai yang sudah diberi perlak bayi.

Cara Memandikan Kelinci – Nah, sekarang saatnya mengeringkan tubuh kelinci. Selimutkan handuk lembut ke seluruh tubuh kelinci agar banyak air terserap pada handuk. Anda dapat menggunakan beberapa handuk jika dibutuhkan. Jika sudah cukup terserap, kini saatnya Anda mengeringkan tubuh kelinci dengan mesin pengering rambut atau hair dryer menggunakan panas yang paling rendah. Biasakan kelinci dengan bunyi mesin dan udara hangat yang dikeluarkan hair dryer agar kelinci tidak takut atau panik.

Cara Memandikan Kelinci – Keringkanlah seluruh tubuh kelinci hingga benar-benar kering, termasuk juga pada daerah-daerah yang sulit dijangkau seperti perut, kaki, ataupun sela-sela jari kelinci. Nah proses memandikan kelinci sudah selesai. Mudah sekali bukan? Kini saatnya tinggal melakukan perawatan terhadap kelinci kesayangn Anda ini.

TIPS MERAWAT KELINCI PELIHARAAN AGAR BULUNYA INDAH TERAWAT

Tips Merawat Kelinci – Setelah kelinci sudah dalam keadaan bersih dan seluruh bulunya sudah benar-benar kering, Anda dapat mengambil sumbat pada telinga kelinci sekaligus membersihkan telinganya. Caranya ialah ambilah cotton bud lalu basahi dengan baby oil. Bersihkanlah lubang telinga kelinci secara lembut dan hati-hati.

Tips Merawat Kelinci – Telinga kelinci sudah bersih, kini saatnya Anda merapikan bulu-bulu panjang kelinci di daerah kaki agar tidak mengganggu pergerakan kelinci. Untuk mencegah bulu kelinci terkena pub atau air kencingnya, Anda juga dapat merapikan bulu-bulu disekitar anus dan kemaluannya.

Tips Merawat Kelinci – Agar kelinci semakin segar, Anda dapat menaburkan bedak bayi atau parfum khusus kucing pada tubuh kelinci sehingga menjadi lebih wangi.

Kelinci kesayangan Anda sekarang sudah bersih dan wangi. Kini saatnya memberi makan kelinci Anda ini, karena setelah dimandikan kelinci akan merasa lapar dan nafsu makannya juga menjadi tinggi. Demikianlah ulasan Cara Memandikan Kelinci Peliharaan Dengan Benar sekaligus bonus ulasan Tips Merawat Kelinci Peliharaan Agar Bulunya Indah Terawat. Semoga ulasan ini membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih.